SOCIAL STUDIES (PIPS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SOCIAL RESPONSIBILITY DAN SOCIAL SKILLS PESERTA DIDIK DI TENGAH GLOBALISASI
DOI:
https://doi.org/10.32585/keraton.v1i2.524Abstract
Secara kelembagaan, kurikulum Pendidikan IPS harus disesuaikan dengan tantangan global, intensitas forum akademik ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya. Pada level kelas, pengajar perlu meningkatkan kapasitasnya melalui pelatihan dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran yang bermakna sebagai upaya menghasilkan good citizen dapat terwujud. Pada era globaliasi banyak efek yang meresap dalam saraf kehidupan. Efek tersebut menimbulkan masalah sosial seperti individualistis, egoistis, kurang dapat berkomunikasi secara efektif, rendahnya empati, kurangnya rasa tanggung jawab, tingkat disiplin rendah, kurang bekerjasama dan berinteraksi didalam kehidupan bermasyarakat. Pendidikan IPS mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan tanggung jawab sosial dan keterampilan sosial peserta didik, dengan begitu peserta didik diharapkan dapat hidup secara lebih fungsional dan bermakna di era globalisasi.
Downloads
References
Al-Muchtar, S. (2007). Strategi Pembelajaran Pendidikan IPS. Bandung: UPI.
Andriyanto, Muslikh. 2018. Nilai-Nilai Kejungan Sebagai Warisan Karakter Bangsa. Ombak : Yogyakarta.
Hellison, D. R. (2003). Teaching Personal and Social Responsibility Through Physical Activity. Third Edition. USA: Human Kinetics, Inc.
Inglis, F., & Aers, L. (2008). Key Concepts in Education. Los Angeles: SAGE Publication.
Koesoema, D. (2009). Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: Grasindo.
Lickona, T. (2013). Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. (Terjemahan Juma Abdu Wamaungo). Jakarta: Bumi Aksara.
M. Numan Somantri, (2001), Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS, Rosda, Bandung.
Mahood, Wayne, et.al., (1991), Teaching Social Studies in Middle and Senior High Schools, Macmillan, Toronto.
Metiri Group (2009). Twenty First Century Skills (Online). Tersedia: http//www.metiri.com
Nursid, N. (2008). Konsep dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sardjiyo. (2007). Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Simorangkir. (1987). Tanggung Jawab Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sjamsuddin dan Maryani E. 2008. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Makasar: Makalah pada Seminar Nasional.
Smith, A.D., (2003), Nasionalisme, Teori, Ideologi dan Sejarah, terj. Frans Kowa, Erlangga, Jakarta.
Syaodih, E. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial (Online). Tersedia: http://educare.efkipunla.netindex2.php?option=c om_content&do_pdf=1&id=10 UNICEF. (2014). Laporan tahunan Indonesia 2014. Genewa: PBB.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Keraton: Journal of History Education and Culture agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.