FENOMENA FULL DAY SCHOOL DALAM SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA

Authors

  • Anggit Grahito Wicaksono Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.12

Abstract

Seiring dengan dinamika kehidupan yang kian menuntut kecepatan, ketepatan, kewaspadaan, perkembangan intelektual, emosional, spiritual dan kreatifitas siswa, metode konvensional dirasa belum dapat memenuhi kebutuhan pendidikan di masa sekarang dan mendatang sehingga muncullah konsep pendidikan baru bernama full day school. Full day school adalah sekolah yang pelaksanaan pembelajaran dilakukan selama sehari penuh dari pagi hingga sore dengan sebagian waktunya digunakan untuk pelajaran yang suasananya informal, tidak kaku, menyenangkan siswa, membutuhkan kreatifitas dan inovasi dari guru. Karakteristik dari full day school ini adalah mengedepankan akhlak dan prestasi akademik. Full day school bertujuan memberikan dasar yang kuat terhadap siswa dan mengembangkan minat dan bakat serta meningkatkan kecerdasan siswa dalam segala aspeknya.Keunggulan dari full day school dibandingkan dengan sekolah reguler adalah anak mendapatkan pendidikan utuh meliputi kognitif, afektif, dan psikomotorik, lebih banyak belajar dari pada bermain, produktivitas tinggi, serta potensi anak tersalurkan melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Penelitian terkait full day school yang telah dilakukan menunjukkan bahwa full day school memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan karakter, moral, akhlaq, maupun prestasi akademik siswa.
Kata kunci: fenomena pendidikan, full day school, sistem pendidikan

References

Anissa Nurul Azizah. (2014). Program Full Day Schooldalam Pengembangan Kemandirian Siswa Kelas IV di SDIT Insan Utama Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. UNY Yogyakarta

Azizah Afni Rizky. (2015). ProblematikaPembelajaran Sistem Full Day School Siswa Kelas 1 SDIT Al-IrsyadTegal. Skripsi. UNS Surakarta.

Baharuddin. (2010). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Echols, John M. & Hassan Shadily. (1996). Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gibbs, Chloe R. (2014). Experimental Evidence on Early Intervention: The Impact of Full-day Kindergarten. EdPolicyWorks Working Paper SeriesUniversity of Virginia No. 34.

Gkoratsa, Ailina. (2013). The Impact of Greek All-Day School on Teachers, Students, and Parents Lives. Desertasi. Brunel University West London.

Lee, Valerie E., et. al. (2006). Full-Day versus Half-Day Kindergarten: In Which Program Do Children Learn More?. American Journal of Education, Vol. 112 (2).

Loukeris, Dionisios, et al. (2009). Aspect of the Effectiveness of the Greek Holoimero (’All Day’) Primary School. Mediteranean Journal ofEducational Studies. Vol. 14 (2)

Moch. Romli. (2004). Manajemen Pembelajaran di Sekolah Dasar Full Day School. Disertasi. UM Malang.

Muhammad Seli. (2009). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Full Day School di Sekolah Alam Bilingual Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Lowokwaru Malang. Skripsi. UM Malang.

Nemitz, Jenina. (2015). The Effect of All-Day Primary School Programs on Maternal Labor Supply. ECON Working Paper SeriesUniversity of Zurich No. 213

Nor Hasan. (2006). Full Day School Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Asing. Jurnal Tadris Vol. 1 (1).

Sutratinah Tirtonegoro. (1989). Anak Super Normal dan Pendidikannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Umi Robi’ah Mutsana Fajrun Nisa’. (2014). Evaluasi Program Kelas Full Day School di MTs N Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. UNS Surakarta.

Iwan Kuswandi. (2012). Full Day School dan Pendidikan Terpadu.http://iwankuswandi.wordpress.com/2012/07/09/full-day-school dan pendidikan-terpadu/. Diakses Pada tanggal 16 Agustus 2016 pukul 09.09 WIB.

Sismanto. (2007). Menakar Kapitalisasi Full Day School.http://mkpd.wordpress.com/2007/05/21/menakar-kapitali-sasi-“full-dayschool”/. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2016 pukul 10.37 WIB.

Sukur Basuki. (2007). Full Day School Harus Proporsional Sesuai Jenjang dan Jenis Sekolah.http://smkn1lmj.sch.id/dl/fuldayschool.pdf Diakses pada tanggal 15 Agustus 2016 pukul 18.58 WIB.

Published

2018-01-09

How to Cite

Wicaksono, A. G. (2018). FENOMENA FULL DAY SCHOOL DALAM SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.12

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)