FENOMENA FULL DAY SCHOOL DALAM SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.12Abstract
Seiring dengan dinamika kehidupan yang kian menuntut kecepatan, ketepatan, kewaspadaan, perkembangan intelektual, emosional, spiritual dan kreatifitas siswa, metode konvensional dirasa belum dapat memenuhi kebutuhan pendidikan di masa sekarang dan mendatang sehingga muncullah konsep pendidikan baru bernama full day school. Full day school adalah sekolah yang pelaksanaan pembelajaran dilakukan selama sehari penuh dari pagi hingga sore dengan sebagian waktunya digunakan untuk pelajaran yang suasananya informal, tidak kaku, menyenangkan siswa, membutuhkan kreatifitas dan inovasi dari guru. Karakteristik dari full day school ini adalah mengedepankan akhlak dan prestasi akademik. Full day school bertujuan memberikan dasar yang kuat terhadap siswa dan mengembangkan minat dan bakat serta meningkatkan kecerdasan siswa dalam segala aspeknya.Keunggulan dari full day school dibandingkan dengan sekolah reguler adalah anak mendapatkan pendidikan utuh meliputi kognitif, afektif, dan psikomotorik, lebih banyak belajar dari pada bermain, produktivitas tinggi, serta potensi anak tersalurkan melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Penelitian terkait full day school yang telah dilakukan menunjukkan bahwa full day school memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan karakter, moral, akhlaq, maupun prestasi akademik siswa.Kata kunci: fenomena pendidikan, full day school, sistem pendidikan
Downloads
References
Anissa Nurul Azizah. (2014). Program Full Day Schooldalam Pengembangan Kemandirian Siswa Kelas IV di SDIT Insan Utama Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. UNY Yogyakarta
Azizah Afni Rizky. (2015). ProblematikaPembelajaran Sistem Full Day School Siswa Kelas 1 SDIT Al-IrsyadTegal. Skripsi. UNS Surakarta.
Baharuddin. (2010). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Echols, John M. & Hassan Shadily. (1996). Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Gibbs, Chloe R. (2014). Experimental Evidence on Early Intervention: The Impact of Full-day Kindergarten. EdPolicyWorks Working Paper SeriesUniversity of Virginia No. 34.
Gkoratsa, Ailina. (2013). The Impact of Greek All-Day School on Teachers, Students, and Parents Lives. Desertasi. Brunel University West London.
Lee, Valerie E., et. al. (2006). Full-Day versus Half-Day Kindergarten: In Which Program Do Children Learn More?. American Journal of Education, Vol. 112 (2).
Loukeris, Dionisios, et al. (2009). Aspect of the Effectiveness of the Greek Holoimero (’All Day’) Primary School. Mediteranean Journal ofEducational Studies. Vol. 14 (2)
Moch. Romli. (2004). Manajemen Pembelajaran di Sekolah Dasar Full Day School. Disertasi. UM Malang.
Muhammad Seli. (2009). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Full Day School di Sekolah Alam Bilingual Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Lowokwaru Malang. Skripsi. UM Malang.
Nemitz, Jenina. (2015). The Effect of All-Day Primary School Programs on Maternal Labor Supply. ECON Working Paper SeriesUniversity of Zurich No. 213
Nor Hasan. (2006). Full Day School Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Asing. Jurnal Tadris Vol. 1 (1).
Sutratinah Tirtonegoro. (1989). Anak Super Normal dan Pendidikannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Umi Robi’ah Mutsana Fajrun Nisa’. (2014). Evaluasi Program Kelas Full Day School di MTs N Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. UNS Surakarta.
Iwan Kuswandi. (2012). Full Day School dan Pendidikan Terpadu.http://iwankuswandi.wordpress.com/2012/07/09/full-day-school dan pendidikan-terpadu/. Diakses Pada tanggal 16 Agustus 2016 pukul 09.09 WIB.
Sismanto. (2007). Menakar Kapitalisasi Full Day School.http://mkpd.wordpress.com/2007/05/21/menakar-kapitali-sasi-“full-dayschool”/. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2016 pukul 10.37 WIB.
Sukur Basuki. (2007). Full Day School Harus Proporsional Sesuai Jenjang dan Jenis Sekolah.http://smkn1lmj.sch.id/dl/fuldayschool.pdf Diakses pada tanggal 15 Agustus 2016 pukul 18.58 WIB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.