ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN SAINS SD
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.23Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) memperoleh deskripsi penggunaan media pembelajaran sebagai sumber belajar pada proses pembelajaran Sains di lapangan; 2) memperoleh pandangan dan kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam pembelajaran Sains di lapangan; dan 3) memformulasikan media pembelajaran yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran Sains.Teknik pengumpulan informasi dan data dalam bentuk pedoman wawancara dengan guru dan siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil wawancara menyimpulkan bahwa 1) Penggunaan media pembelajaran sebagai sumber belajar dalam pembelajaran Sains yang selama ini terjadi di lapangan belum dapat terlaksana secara optimal. 2) Terdapat kendala dalam menyampaikan materi yang bersifat abstrak seperti materi energi dan minimnya media pembelajaran yang sesuai, sehingga memerlukan banyak media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan materi tersebut sehingga lebih konkret. 3) Media pembelajaran yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran Sains materi energi adalah media komik berbasis kontekstual.Kata-kata kunci: Analisis Kebutuhan, Media Komik Kontekstual, Pembelajaran Sains
Downloads
References
Avrilliyanti,Herlina, Sri Budiawanti, dan Jamzuri. (2013). Penerapan MediaKomik untuk Pembelajaran FisikaModel Kooperatif dengan MetodeDiskusi pada Siswa SMP Negeri 5Surakarta Kelas VII Tahun Ajaran2011/2012 Materi Gerak. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika UNS. Vol.1 No.1
Behlol, Malik& Munir, MohammadKaini. (2011). Comparative Effectiveness ofContextual andStructural Method of Teaching Vocabulary. Journal ofEnglish Language Teaching. Vol. 4, No. 1; March 2011
Departemen Pendidikan Nasional, (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Kemendikbud. (2016). Seminar Hasil TIMSS 2015 oleh Rahmawati. Jakarta: Puspendik Kemdikbud
Komalasari, Kokom. (2009). The Effect of Contextual Learning in Civic Education on Students' Civic Competence. Journal of Social Sciences. Vol. 5, No.4.
Litbang Kemendikbud. (2015). Survei Internasional TIMSS. Jakarta: Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud
Plomp, T. (1997). Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational & Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch). Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland. Faculty of Educational Science and Technology, University of Twente.
Smith, Bettye P. (2006). Contextual Teaching And Learning Practices In The Family And Consumer Science Curriculum. Journal of Family and Consumer Sciences Education, Vol. 24, No.1
Sudjana, Nana dan Ahmad, Rivai. (2011). Media Pengajaran.Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan
Tella, A. (2007). The impact of motivation on student’sacademic achievement and learning outcomesin mathematics among secondary school studentsin Nigeria. Eurasia J. Math. Sci. & Technol. Edu. 3(2): 149-156.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.