PEMAHAMAN HAKIKAT SAINS OLEH SISWA DAN GURU SD DI KOTA SURAKARTA

Authors

  • Jumanto Jumanto
  • Ari Widodo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman tentang hakikat sains (NOS) oleh siswa dan guru di kota Surakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan metode survei. Sampel dari penelitian ini adalah 3 guru dan 20 siswa kelas 5 SD di daerah perbatasan Kota Surakarta, 3 guru dan 26 siswa kelas 5 SD di daerah pinggiran Kota Surakarta, serta 4 guru dan 36 siswa kelas 5 SD di daerah pusat Kota Surakarta. Instumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket yang berisi 30 item pernyataan yang disusun oleh peneliti dengan berkonsultasi pada guru SD dan kepala sekolah serta dengan berdasarkan literatur yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman sains oleh siswa dan guru SD di Kota Surakarta keduanya pada kriteria cukup dengan skor 66,27  dan tidak ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Tetapi dengan uji korelasi pada ? = 0,05 pada setiap aspek tingkat pemahaman sains oleh siswa dan guru SD di Kota Surakarta tidak ditemukan korelasi. Implikasi dari penelitian ini adalah pengetahuan tentang aspek NOS seharusnya mulai diperhatikan dan dikaji oleh semua civitas pendidikan sehingga siswa dan guru memahami NOS dengan sangat baik.

Kata kunci: hakikat sains, pemahaman siswa dan guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alshamrani, S. M. (2008). Context, accuracy and level of inclusion of nature of science concepts incurrent high school physics textbooks. Ph.D. dissertation, University of Arkansas, Fayetteville, AR.

Bell, R. L. (2008). Best Practices in Science Education Teaching the Nature of Science : Three Critical Questions. Cengage.

Chen, S. (2006). Development of an Instrument to Assess Views on Nature of Science and Attitudes. https://doi.org/10.1002/sce.20147

Hacieminoglu, E. (2014). In-service Teachers ’ Perceptions regarding their Practices related to Integrating Nature of Science : Case Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(1988), 1268–1273. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.381

Jiang & Mccomas, W. F. (2014). Analysis of Nature of Science Included in Recent Popular Writing Using Text Mining Techniques, (September). https://doi.org/10.1007/s11191-014-9703-0

Lederman, N. G., Abd-el-khalick, F., Bell, R. L., Hall, R., & Street, E. (2002). Views of Nature of Science Questionnaire : Toward Valid and Meaningful Assessment of Learners ’ Conceptions of Nature of Science, 39(6), 497–521. https://doi.org/10.1002/tea.10034

Lederman, N.G., and J.S. Lederman. (2004). “Revising instruction to teach nature of science”. The Science Teacher. Vol. 71 (9), hlm. 36-39.

Khalick, Abd-El, Fouad, Lederman,N.G., Bell, Randy.L. 1998. The Nature of Science and Instructional Practice: Making the Unnatural Natural.Science Education, 82: 417-436. https://doi.org/10.1002/(SICI)1098-237X(199807)82:4<417::AID-SCE1>3.0.CO;2-E

Khalick, Abd-El, Fouad, Dogan, Nihal. 2008. Turkish Grade 10 Students’ and Science Teachers’ Conceptions of Nature of Science: A National Study. Journal of Research in Science Teaching

Meichtry, Yvonne.J. 1993. The Impact of Science Curricula on Student Views About the Nature of Science. Journal of Research in Science Teaching, 30 (5): 429-443.

McComas, W.F. (2008). Proposals for core nature of science content in popular books on the history and philosophy of science: lessons for science education. In Y.J. Lee & A.L. Tan (Eds.), Science Education at the Nexus of Theory and Practice. Rotterdam, The Netherlands: Sense

McComas, W. F. (2015). The Nature of Science & the Next Generation of Biology Education. The American Biology Teacher, 77(7), 485–491. https://doi.org/10.1525/abt.2015.77.7.2

Next Generation Science Standard. (2013). AHLMENDIX H – Understanding the Scientific Enterprise: The Nature of Science in the Next Generation Science Standards. [Online] Tersedia di: http://www.nextgenscience. org/. Diakses 12 Desember 2013.

Southerland. 2006. Describing Teachers’ Conceptual Ecologies for the Nature of Science. Published online 27 April 2006 in Wiley InterScience (www.interscience.wiley.com)

Chen, S. 2006. Development of an Instrument to Assess Views on Nature of Science and Attitudes Toward Teaching Science. Science Education, 90, 803-819

Tursinawati. 2016. Penguasaan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Vol. 2, No. 4. Aceh: Universitas Syiah Kuala

Published

2018-01-31

How to Cite

Jumanto, J., & Widodo, A. (2018). PEMAHAMAN HAKIKAT SAINS OLEH SISWA DAN GURU SD DI KOTA SURAKARTA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 20–31. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.61

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)