MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SIMULASI DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN EDMODO PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • Yuliana Endah Saputri Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Ismail Ismail Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Sri Mulyani Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dalam mata pelajaran simulasi digital melalui edmodo pada siswa kelas X SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan ini dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Tamansiswa Sukoharjo dengan jumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah ketuntasan belajar siswa sebesar >70%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar Simulasi Digital pada siswa kelas X SMK Tamansiswa. Kondisi awal prosentase ketuntasan hanya sebesar 34%. Setelah dilakukan siklus I (satu) diperoleh hasil peningkatan motivasi belajar simulasi digital sebesar 57,6 % dan pada siklus II diperoleh hasil prosentase sebesar 90,65%. Peningkatan ini tentu dikarenakan adanya perbaikan-perbaikan selama proses pembelajaran oleh guru dan kolaborator selama pelaksanaan setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan edmodo secara tepat dapat meningkatkan motivasi belajar dalam mata pelajaran Simulasi Digital pada siswa kelas X SMK Tamansiswa.

                                                                                                                                                           

Kata-kata kunci: Motivasi Belajar, Simulasi Digital, Edmodo

References

Basori. 2013. “Pemanfaatan Social Learning Network Edmodo dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS”. JIPTEK. Vol.6 No.21

Hasibuan. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Ismail. 2011. Penelitian Pendidikan (Suatu pengantar). Sukoharjo: Univet Bantara Press

Ismail, Bambang T. 2011. Pedoman Menulis Skripsi (Edisi Revisi). Sukoharjo: Univet Bantara Press

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press

Singgih, Meini. 2014. “Pengembangan Media Pemelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Konsep Dasar Sistem Komunikasi Data Sinyal Digital Melalui Media Kabel Fiber dan Frekuensi Radio di SMK N 1 Jetis Mojokerto”. E-Journal UNESA. Vol.3, No.2

Subiyantoro, S., & Ismail. (2017). Dampak Learning Management System (LMS) Pada Performa Akademik Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 307–314.

Subiyantoro, S., & Mulyani, S. (2017). Kegunaan Multimedia Interaktif Dalam The Use Of Interactive Multimedia In English. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 92–100.

Sulistiani, Fauziyah. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X AK2 SMK N 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016.Pendidikan Akuntansi.Fakultas Ekonomi.UNY

Sutrisno. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif . Jakarta: Bumi Aksara

Uno, Hamzah B. 2014. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran . Jakarta: Bumi Aksara

Published

2018-07-31

How to Cite

Saputri, Y. E., Ismail, I., & Mulyani, S. (2018). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SIMULASI DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN EDMODO PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 132–140. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.126

Issue

Section

Artikel