Hubungan antara Frekuensi Penggunaan Media Pendidikan dengan Motivasi Belajar Mahasiswa

Authors

  • Ismail Ismail Universitas Veteran Bangun Nusantara, Jawa Tengah
  • Isna Farahsanti Universitas Veteran Bangun Nusantara, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.1422

Keywords:

media pendidikan, motivasi belajar, mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara penggunaan media pendidikan dengan motivasi belajar mahasiswa FKIP Univet Bantara Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP Univet Bantara Sukoharjo yang berjumlah 1130, sedangkan sampelnya adalah sebagian dari populasi yang berjumlah 113 mahasiswa dengan cara pengambilan sampelnya adalah proporsional random sampling, cara pengambilan data dengan metode angket yang digunakan untuk mengungkap data tentang frekuensi penggunaan media dan motivasi belajar mahasiswa sedangkan analisis data dengan menggunakan teknik korelasi serial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi positif signifikan antara frekuensi penggunaan media pendidikan dengan motivasi belajar mahasiswa FKIP Univet Bantara Sukoharjo, dengan demikian semakin tinggi frekeunsi penggunaan media pendidikan maka semakin tinggi motivasi belajar mahasiswa sebaliknya semakin rendah frekuensi penggunaan media pendidikan maka semakin rendah pula motivasi belajar mahasiswa

References

Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1). https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Ali, U., & Zaini, M. (2020). Pemanfaatan Program Aplikasi Google Classroom sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa pada perkuliahan dasar - dasar kependidikan. Jurnal Jurusan Tadris IPS, 11(1), 27–34.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–96. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Creswell, J. (2013). Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Machfudi, M. I. (2016). Issues and Challenges in Maintaining Motivation To Learn English in Rural Madrasah Context. IJET (Indonesian Journal of English Teaching), 5(2), 173–183. https://doi.org/10.15642/ijet2.2016.5.2.173-183

Masni, H. (2017). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34–35.

Mediawati, E. (2010). Pengaruh motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika, 5(2), 134–136.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntasi InDONESIA, 8(2).

Muslem, A., & Abbas, M. (2017). The Effectiveness of Immersive Multimedia Learning with Peer Support on English Speaking and Reading Aloud. Studies in English Language and Education, 10(1), 203–218. https://doi.org/10.24815/siele.v2i2.2694

Novitasari, D., Ratnawuri, T., & Pritandhari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Electonic Book (E-Book) berbasis Edmodo kelas X SMK Kartikatama Metro. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(2), 107–115.

Nurrati, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Misykat, 03. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal MISYKAT : Ilmu - Ilmu Al-Qur’an, Hadist, Syari’ah, 3(1).

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293

Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.

Setiawan, A. (2019). Merancang Media Pembelajaran PAI di Sekolah (Analisis Implementasi Pembelajaran Berbasis PAI ). Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2).

Sugiyono. (2013). Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). CV Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajat. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Umar. (2014). MEDIA PENDIDIKAN : Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11.

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

Ismail, I., & Farahsanti, I. (2021). Hubungan antara Frekuensi Penggunaan Media Pendidikan dengan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(2), 186–196. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.1422

Issue

Section

Artikel