PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL LABORATORIUM SEJARAH RUMAH ARCA SEBAGAI UPAYA PENGENALAN SEJARAH LOKAL

Authors

  • Fauzi Rachman
  • Yuliani Sri Widowati

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.28

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui: potensi sejarah lokal Laboratorium Sejarah Rumah Arca Univet Bantara Sukoharjo; perancangan media pembelajaran komik digital Laboratorium Sejarah Rumah Arca Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo sebagai upaya pengenalan sejarah lokal kepada remaja. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka untuk mendapatkan data-data yang digunakan sebagai pendukung pembuatan konsep perancangan media. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan Perancangan Media Pembelajaran Komik Digital Laboratorium Rumah Arca Univet Bantara Sukoharjo sebagai upaya pengenalan sejarah lokal kepada remaja dapat disimpulkan penggunaan dapat menjadi alternatif media pembelajaran efektif dan efisien untuk menarik remaja belajar tentang peninggalan sejarah khususnya sejarah lokal Kabupaten Sukoharjo.
Kata kunci: Media Pembelajaran Sejarah, Komik Digital, Laboratorium Rumah Arca, Sejarah Lokal

References

Direktorat Museum, Ayo Kita Mengenal Museum, Direktorat Museum, Direktorat Jendral Sejarah dan Purbakala, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Jakarta, 2009.

Garraghan, Gilbert J. 1957. A Guide to Historical Method. New York: Fordham University Press

Gerlach dan Ely. 1971. Teaching & Media: A Systematic Approach. Second Edition, by V.S. Gerlach & D.P. Ely, 1980, Boston, MA: Allyn and Bacon. Copyright 1980 by Pearson Education

Hariyono. 1995. Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Isjoni . 2007. Pembelajaran Sejarah. Bandung : Alfabeta

Jain, S. C. 2000. Marketing Planning & Strategy 6th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Jeong, Hanho. 2010. A Comparison of the Influence of Eleltronic Books and Paper Books on Reading Comprehension, Eye, Fatigue, and Perception. Dalam www.emeraldinsight.com diunduh 01 Desember 2016 pukul 10.00.

Keeves, John. 2002. ‘Learning in Schools: A Modelling Approach’. International Educational Journal. 3 (2): 114 – 124 in www.iej.cjb.net, accesed on December 02nd, 2016 at 08.30 am.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014.Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Edition 3. USA : Sage Publications

Smaldino, Sharon E., dkk. 2011. Learning Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media

untuk Belajar Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta.

Walters, William H. 2013. E-Books in Academic Libraries: Challenges for Acquisitio and Collection Management. Diunduh 30 November 2016 pukul 10.00

Published

2018-01-09

How to Cite

Rachman, F., & Widowati, Y. S. (2018). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL LABORATORIUM SEJARAH RUMAH ARCA SEBAGAI UPAYA PENGENALAN SEJARAH LOKAL. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.28

Issue

Section

Artikel