KOMPLEKS PENINGGALAN SEJARAH PABRIK GULA TASIKMADU SEBAGAI WAHANA EDUKASI DAN REKREASI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fauzi Rachman
  • Toni Harsan

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.69

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui: untuk mengetahui jenis Peninggalan Sejarah Pabrik Gula Tasikmadu yang dapat dimanfaatkan sebagai edukasi dan rekreasi di SD, untuk mengetahui kriteria-kriteria yang digunakan dalam menentukan kelayakan pemanfaatan Peninggalan Sejarah Pabrik Gula Tasikmadu sebagai edukasi dan rekreasi di SD, untuk mendapatkan data-data pemanfaatan Peninggalan Sejarah Pabrik Gula Tasikmadu sebagai edukasi dan rekreasi di SD, untuk  mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dalam memanfaatkan Peninggalan Sejarah Pabrik Gula Tasikmadu sebagai wahana edukasi dan rekreasi di SD. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka untuk mendapatkan data-data yang digunakan sebagai pendukung. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan Eksistensi Peninggalan Sejarah Pabrik Gula Tasikmadu yang dapat dimanfaatkan sebagai edukasi dan rekreasi di SD dapat disimpulkan penggunaan dapat menjadi alternatif wahana edukasi dan rekreasi yang efektif dan efisien untuk menarik remaja belajar tentang peninggalan sejarah khususnya sejarah lokal Kabupaten Sukoharjo.

 

Kata kunci: Peninggalan Sejarah, Edukasi dan Rekreasi

References

Depdiknas. 1999. Kongres Nasional Sejarah 1996 Sub Tema Pemikiran dan Analisis Teks Sejarah. Jakarta: CV. Ilham Bangun Karya.

Depdikbud. 2003. Pengelolaan Kurikulum di Tingkat Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

I Gde Widja. 2002. Menuju Wajah Baru Pendidikan Sejarah. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama. Cipta

Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta : UI Press.

Restu Gunawan dkk. 1998. Simposium Pengajaran Sejarah. Jakarta: Proyek Inventarisasi Sejarah Nasional Pendidikan dan Kebudayaan.

Sardiman A. M. 2002. Pengembangan Kurikulum Sejarah Menuju Kurikulum Berbasis Kompentensi. Surakarta: UNS Press.

Syaiful B. Djamarah. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: P.T. Rineka Cipta.

UU Sisdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika.

“Mau diapakan lagi Pengajaran Sejarah”. 1987. Mei 25. Kompas. 4.

Published

2018-01-31

How to Cite

Rachman, F., & Harsan, T. (2018). KOMPLEKS PENINGGALAN SEJARAH PABRIK GULA TASIKMADU SEBAGAI WAHANA EDUKASI DAN REKREASI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 93–102. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.69

Issue

Section

Artikel