PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL LABORATORIUM SEJARAH RUMAH ARCA SEBAGAI UPAYA PENGENALAN SEJARAH LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.28Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui: potensi sejarah lokal Laboratorium Sejarah Rumah Arca Univet Bantara Sukoharjo; perancangan media pembelajaran komik digital Laboratorium Sejarah Rumah Arca Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo sebagai upaya pengenalan sejarah lokal kepada remaja. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka untuk mendapatkan data-data yang digunakan sebagai pendukung pembuatan konsep perancangan media. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan Perancangan Media Pembelajaran Komik Digital Laboratorium Rumah Arca Univet Bantara Sukoharjo sebagai upaya pengenalan sejarah lokal kepada remaja dapat disimpulkan penggunaan dapat menjadi alternatif media pembelajaran efektif dan efisien untuk menarik remaja belajar tentang peninggalan sejarah khususnya sejarah lokal Kabupaten Sukoharjo.Kata kunci: Media Pembelajaran Sejarah, Komik Digital, Laboratorium Rumah Arca, Sejarah Lokal
Downloads
References
Direktorat Museum, Ayo Kita Mengenal Museum, Direktorat Museum, Direktorat Jendral Sejarah dan Purbakala, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Jakarta, 2009.
Garraghan, Gilbert J. 1957. A Guide to Historical Method. New York: Fordham University Press
Gerlach dan Ely. 1971. Teaching & Media: A Systematic Approach. Second Edition, by V.S. Gerlach & D.P. Ely, 1980, Boston, MA: Allyn and Bacon. Copyright 1980 by Pearson Education
Hariyono. 1995. Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Jaya.
Isjoni . 2007. Pembelajaran Sejarah. Bandung : Alfabeta
Jain, S. C. 2000. Marketing Planning & Strategy 6th Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Jeong, Hanho. 2010. A Comparison of the Influence of Eleltronic Books and Paper Books on Reading Comprehension, Eye, Fatigue, and Perception. Dalam www.emeraldinsight.com diunduh 01 Desember 2016 pukul 10.00.
Keeves, John. 2002. ‘Learning in Schools: A Modelling Approach’. International Educational Journal. 3 (2): 114 – 124 in www.iej.cjb.net, accesed on December 02nd, 2016 at 08.30 am.
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014.Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Edition 3. USA : Sage Publications
Smaldino, Sharon E., dkk. 2011. Learning Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media
untuk Belajar Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta.
Walters, William H. 2013. E-Books in Academic Libraries: Challenges for Acquisitio and Collection Management. Diunduh 30 November 2016 pukul 10.00
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.