Strategi Komunikasi Pemasaran Obyek Wisata Batu Seribu Oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata

Penulis

  • Lily Tunjung Putih Setiatita Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Yoto Widodo Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Joko Suryono Universitas Veteran Bangun Nusantara

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Disporapar

Abstrak

Strategi Komunikasi Pemasaran Obyek Wisata Batu Seribu Oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan
Pariwisata Kabupaten Sukoharjo. Skripsi S1. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial san
Hukum, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo. Tahun 2024. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata dalam mempromosikan obyek
wisata Batu Seribu. Batu Seribu adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sukoharjo yang
memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, namun belum
sepenuhnya dikenal luas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui
wawancara mendalam dengan pihak Dinas Pariwisata, pengamatan lapangan, serta analisis dokumentasi
terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan meliputi penggunaan
media sosial, penyelenggaraan event pariwisata. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun strategi
yang diterapkan sudah cukup efektif, masih diperlukan peningkatan dalam aspek koordinasi antara berbagai
pihak terkait dan optimalisasi penggunaan teknologi informasi untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
Rekomendasi yang diberikan antara lain adalah peningkatan dalam promosi, pelatihan bagi masyarakat
lokal mengenai pentingnya pariwisata, serta pengembangan konten promosi yang lebih kreatif dan menarik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardiana, E. I., Suryono, J., Gama, B., & Setyo, B. (2024). Utilization of Instagram @ posaja _ sragen for Marketing Communication to Promote PT Pos Indonesia Sragen Products. Revenue Journal: Management and Entrepreneurship, 2(March), 63–81.

Chang, A. Y. P. (2017). A study on the effects of Sales Promotion on consumer involvement and purchase intention in Tourism industry. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(12), 8323–8330. https://doi.org/10.12973/ejmste/77903

Hardani, A. P., & Suryono, J. (2023). Marketing Communication Strategy for Shafira Store Surakarta Using Instagram Social Media Platform for Effective Engagement. Revenue Journal: Management and Entrepreneurship, 1(August), 151–164.

Idastin, I., & Abid, M. (2021). Strategi Promosi Wisata Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Mamasa. MITZAL (Demokrasi, Komunikasi Dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.35329/mitzal.v5i1.1839

Majid, G. M. (2019). A Study on “Tourism Ambassadors” in Indonesia Content Analysis, Instagram Accounts, and Tourism Promotion Strategy. 317–326. https://doi.org/10.1109/INFOMAN.2019.8714684

Pearce, P. L., Moscardo, G., & Ross, G. F. (1996). Tourism community relationships (Vol. 4).

Prastiyanti, D. P., & Yulianto, Y. (2019). Media promosi pada dinas pariwisata daerah istimewa yogyakarta dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. 2(2), 174–184. https://doi.org/10.17509/JITHOR.V2I2.20993

Rama, B. W., & Sinduwiatmo, K. (2022). Marketing Communication Strategy for Tourism Sidoarjo in Developing Regional Tourism Potential: Strategi Komunikasi Pemasaran Bidang Pariwisata Sidoarjo dalam Pengembangan Potensi Pariwisata Daerah. 19, 1–8.

Suryani, A. I. (2017). Strategi Pengembangan Pariwisata Lokal. Jurnal Spasial, 3(1). https://doi.org/10.22202/js.v3i1.1595

Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media Advertising Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-09

Cara Mengutip

Tunjung Putih Setiatita, L., Widodo, Y., & Suryono, J. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Obyek Wisata Batu Seribu Oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata . Media and Empowerment Communication Journal, 3(1), 1–8. Diambil dari http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/mecomm/article/view/7034

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.