Analisa Stabilitas Timbunan di Daerah Rawa Menggunakan Penanganan Limestone dengan Softwere Plaxis

Authors

  • Bagas Wahyu Adhi Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Islam Batik Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/modulus.v4i1.2471

Abstract

Tanah merupakan elemen penting dalam sebuah kontruksi jalan, dimana tanah merupakan penopang bagi struktur diatasnya. Namun kondisi yang ditemukan dilapangan banyak dijumpai tanah yang kondisi sifat fisisnya tidak memenuhi standar terhadap nilai kompresibilitas, permeabilitas, maupun plastisitasnya. Sehingga perlu dilakukan perbaikan agar tanah tersebut dapat dipergunakan sebagai bagian dari kontruksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui stabilitas timbunan pada area rawa – rawa di IC Cibitung Ramp 2-1 Proyek Jalan Tol Cibitung Cilincing dengan menggunakan softwere Plaxis 8.2. Dalam pelaksanaan program PLAXIS 2D, tanah menggunakan model Mohr-Coulomb. Hasil dari Bore Log dianggap undrained, di mana air dianggap tidak dapat lewat dan permeabilitas tanah rendah. Tanah timbunan dianggap undrained, dan Limestone menggunakan type undrained. Hasil Analisa stabilitas timbunan pada area rawa menggunakan softwere plaxis didapatkan untuk penurunan dalam 1 tahun < 6 cm adalah 1.6 cm (sesuai kriteria), Penuruan dalam 10 tahun < 10 cm adalah 1.6 cm (sesuai kriteria). Faktor keamanan pada akhir konstruksi adalah 2.214 (sesuai kriteria) dan faktor keamanan 1 tahun adalah 1.90 (sesuai kriteria). Dari hasil analisa stabilitas timbunan pada area yaitu dengan menggunakan penanganan Limestone sampai ketinggian muka air, masa tunggu 14 hari setelah timbunan limestone, masa tunggu 30 hari pada top timbunan dan kemiringan lereng yaitu 1 : 2 (V : H).

References

Darmawan, Wahid, Arief Rachmansyah, dan Yulvi Zaika. 2016. “Perubahan Stabilitas Tanah Akibat Penambahan Kapur, Semen, dan Fly Ash pada Tanah Lunak Proyek Tol Gempol-Pasuruan.” Jurnal Teknik Sipil UB 2(2): 1–12. http://sipil.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jmts/article/view/717.

Dhani, Noor. 2020. “Tanah Lunak Stabilisasi Overboulder Asbuton Sebagai Lapisan Sub - Base ( Experimental Study On Bearing Capacity Of Soft Soil Using Overboulder Asbuton Stabilization as Sub-Base Course ).” Desertasi.

Erdawaty, Tri Harianto, A. B. Muhiddin, dan Ardy Arsyad. 2020. “Experimental study on bearing capacity of alkaline activated granular asphalt concrete columns on soft soils.” Civil Engineering Journal (Iran) 6(12): 2363–74.

Fahriani, Ferra, Desy Yovianti, Eko Saputra, dan Merley Misriani. 2020. “Perbaikan Subgrade pada Jalan Kampung Keramat di Kota Pangkalpinang dengan Menggunakan Kapur Padam Sebagai Bahan Stabilisasi Tanah.” Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil 17(1): 22–30.

Gautama, Gustaf. 2016. “Perbaikan Tanah Labil Dengan Menggunakan Mineral Kapur Sebagai Pendukung Pondasi Dasar Jalan Raya.” kelitbangan, Inovasi dan Pemabangunan 04(August): 63–71.

Maulana, Gibral, dan Indra Noer Hamdan. 2016. “Stabilisasi Tanah Lempung Ekspansif Menggunakan Campuran Renolith dan Kapur.” Jurnal Online Institut Teknologi Nasional 2(4): 11–21.

Nusantara, Medio Agustian. 2014. “Analisa Daya Dukung Pondasi Dangkal Pada Tanah Lempung Menggunakan Perkuatan Anyaman Bambu Dan Grid Bambu Dengan Bantuan Program Plaxis.” Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan 2(3): 2355–74.

Richard, J, dan D Tjandra. 2018. “Analisis Penggunaan Geotekstil Untuk Perkuatan Timbunan Di Atas Tanah Lunak Dengan Menggunakan Aplikasi Plaxis 2D.” Jurnal Dimensi Pratama …: 188–94. http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-sipil/article/view/7363.

Soehardi, Fitridawati, Fadrizal Lubis, dan Lusi Dwi Putri. 2017. “Stabilisasi Tanah Dengan Variasi Penambahan Kapur Dan Waktu Pemeraman.” Prosiding Konferensi Nasional Teknik Sipil dan Perencanaan.

Yanto, F H. 2015. Analisis Lendutan Perkerasan Kaku Pada Tanah Lunak Dengan Perkuatan Kolom Soil Cement. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/49844/MTk5NzM1/Analisis-Lendutan-Perkerasan-Kaku-Pada-Tanah-Lunak-Dengan-Perkuatan-Kolom-Soil-Cement-Fendi.pdf.

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Artikel