Jenis Dan Dominasi Gulma Pada Lahan Tanaman Jagung Di Lokasi Food Estate Kabupaten Sumba Tengah

Fiter Karenga, Yonce Melyanus Killa, Surnyani K. K. L. Kapoe, Uska Peku Jawang

Abstract


Gulma merupakan tumbuhan pada lahan yang tidak dikehendaki keberadaanya dan menimbulkan kerugian pada tanaman. Penelitian ini dilakukan Untuk mengetahui jenis gulma dan tingkat dominasi gulma pada lahan tanaman jagung di lokasi food estate Desa Umbu Pabal Selatan. Penelitian dilakukan di Desa Umbu Pabal Selatan pada bulan Desember 2021- Januari 2022. Metode yang dilakukan adalah metode survei dan hasil survei dideskripsikan. Pengambilan sampel di lakukan di 15 titik pada 3 lokasi berbeda yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Gulma yang diperoleh kemudian di cocokan dengan buku gulma. Berdasarkan penelitian menunjukan jenis gulma yang terdapat di lahan tanaman jagungĀ  yaitu Ischaenum rugosum, Ocinum gratissimum, Borreria alata, Spigelia anthelmia L, Chromolaena odorata L, Ageratum conyzoides, Imperata cylindrical, Eriosema critinum, Momiso pudica. Hasil perhitungan kerapatan relatif dan dominasi relatif menunjukan bahwa gulma Borreria alata menunjukan hasil tertinggi sedangkan yang terendah adalah gulma Ocinum gratissimum dan gulma Spegelia anthelmia L.


Full Text:

PDF

References


Afiati, R., Eva, B., & Ananto, A. (2018). Kontribusi Usaha Tani Tanaman Jagung Program PHBM Terhadap Pendapatan Penduduk Desa Kaligayam Kecamatn Margasari Kabuppaten Tegal. Geo Image, 7(2), 101-110.

Anggraini, R. 2015. Analisis vegetasi Gulma Pada Lahan Kering dan Tergenang: Studi Kasus Di Lahan Praktikum Budidaya Tanaman Pangan Poleteknik Tonggak Equator Pontianak. Poleteknik Tonggak Equator.

BPS. 2019. Kabupaten Sumba Tengah dalam angka. Badan Pusat Statistik. Kabupaten Sumba Tengah.

BPS. 2020. Kabupaten Sumba Tengah dalam angka. Badan Pusat Statistik. Kabupaten Sumba Tengah.

BPS. 2021. Kabupaten Sumba Tengah dalam angka. Badan Pusat Statistik. Kabupaten Sumba Tengah.

Direktorat Jenderal Tanaman Pangan. 2020. Petunjuk teknis food estate berbasis koperasi petani. Kabuapaten Sumba Tengah.

Ernawati, N. M, L., & Ngawit, l. K. (2015). Eksplorasi dan identifikasi gulma, hijauan pakan dan limbah pertanian yang dimanfaatkan sebagai pakan ternak di wilayah lahan kering Lombok Utara. Buletin peternakan, 39(2), 92-102.

Harahap, F. S (2019). Analisis Vegetasi Gulma di lahan Tanaman Jagung (Zea mays L). Jurnal pertanian tropic, 6(2), 216-221.

Karya, Ek, & Febrianti, R. (2021). Pengaruh Sistem Budidaya Tanah dan Penenganan Gulma Terhadap Pertumbuhan Hasil Jagung Manis (Zea Mys Saccaharata Sturt.) Varientas Paragon. AGRO TATANEN I Jurnal Ilmu Pertania, 3(2), 20-26.

Oksari, A. A. (2017). Analisis vegetasi gulma pada pertanaman jagung dan hubungannya dengan pengendalian gulma di Lambung Bukit, Padang, Sumatera Barat. Jurnal Sains Natural, 4(2) 135-142.

Purba, E. & Sabrina, T. (2017). Pertumbuhan dab produksi jagung (Zea mays L) pada berbagai penelolaan gulma di Kabuapten Deli Serdang. Jurnal Pertanian Tropis, 4(3), 190-195.

Sarifin, M., Sujana, I. P., & Pura, N. L. S. (2017). Identifikasi Dan Populasi Gulma Pada Padi Sawah Organik Dan An-organik Di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabuapten Tabanah. Agrimeta, 7(13), 89840.




DOI: https://doi.org/10.32585/ags.v6i1.2259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

AGRISAINTIFIKA

JURNAL ILMU-ILMU PERTANIAN

REDAKSI FAKULTAS PERTANIAN

UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA

JL. Letdjend S. Humardani No. 1 Sukoharjo jawa Tengah, Indonesia 0271-593156

TERINDEKS :

Default Statcounter code for My Jurnal Website http://http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/agrisaintifika -->