Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Broiler di Pasar Modern Kota Bekasi

Authors

  • Nadya Kamilia Faiqoh Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Teguh Soedarto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Noor Rizkiyah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32585/ags.v7i1.3682

Keywords:

Ayam Broiler, Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumen

Abstract

Peningkatan produksi ternak ayam broiler di Kota Bekasi bersamaan dengan meningkatnya permintaan masyarakat di Kota Bekasi terhadap ayam broiler dan adanya fluktuasi yang cenderung meningkat. Fluktuasi yang semakin meningkat dapat dipengaruhi oleh faktor perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian ayam broiler. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan menganalisis pengaruhnya perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian ayam broiler di pasar modern di Kota Bekasi Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis data deskriptif dan structural. Model Persamaan Kuadrat Terkecil Parsial (SEM-PLS). Responden dalam penelitian ini adalah 58 dengan kriteria yang harus dipenuhi, yaitu responden merupakan konsumen terakhir produk ayam broiler di Super Indo di Bekasi dengan intensitas satu kali dalam empat bulan terakhir. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Pada penelitian ini didapatkan hasil faktor pribadi meliputi usia, pekerjaan, pendapatan, pendidikan dan gaya hidup berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi < 0,001. Selain itu faktor psikologis meliputi persepsi, pengalaman, dan sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,005, sedangkan variabel faktor budaya dan faktor sosial tidak berpengaruh.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nadya Kamilia Faiqoh, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Fakultas Pertanian, Program Studi Agribisnis

Teguh Soedarto, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Fakultas Pertanian, Program Studi Agribisnis

Noor Rizkiyah, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Fakultas Pertanian, Program Studi Agribisnis

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Faiqoh, N. K., Soedarto, T., & Rizkiyah, N. (2023). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Broiler di Pasar Modern Kota Bekasi. Agrisaintifika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 7(1), 48–56. https://doi.org/10.32585/ags.v7i1.3682