PERANAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KARAKTER KEJUJURAN PESERTA DIDIK DI SMK PGRI SUKOHARJO

Authors

  • Oktaviana Dita Prasticha Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Annisah Rahmawati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Dias Yanalesta Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Ika Murtiningsih Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v3i2.2057

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan pembelajaran PPKn terhadap karakter kejujuran peserta didik di SMK PGRI Sukoharjo. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini bersumber dari pengamatan atau observasi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi terhadap peserta didik SMK PGRI Sukoharjo. Penelitian dilakukan pada saat pembelajaran PPKn berlangsung. Hasil dari penelitian yaitu peserta didik jujur dalam mengerjakan ulangan maupun penilaian akhir semester, peserta didik menjawab jujur pertanyaan yang diberikan guru, peserta didik berjanji untuk tidak berbohong, dan peserta didik dengan jujur mengakui jika tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah. Pembelajaran PPKn sangat berperan dalam pembentukan karakter kejujuran peserta didik, dalam pembelajaran terdapat nilai-nilai moral baik yang bisa dicontoh oleh peserta didik. Nilai moral tersebut terdapat dalam materi Nilai Pancasila yang menjadi materi untuk peserta didik kelas X. Karakter kejujuran peserta didik di SMK PGRI sangat terlihat pada saat pembelajaran dikelas maupun tingkah laku peserta didik diluar kelas.

References

Ar, Syamsyudin. (2006). Metode Penelitian Bahasa. Bandung:PT Remaja Rosdakara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Baswan. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Susunan Pemerintahan Daerah Melalui Metode Bermain Peran Di Kelas VI SD DDI Siboang. Jurnal Kreatif Tadulako. Vol. 3, No. 3.

Corey. (1986). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung:Alpabeta.

Darma Kesuma. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa edisi ketiga (Tahapan, Strategi, Metode Dan Tekniknya). Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Magdalena, Ina. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negeri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 2, Nomor 3.

Mohamad Mustari. (2011). Nilai Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Nurul Zuriah. (2008). Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahayu, M. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan Perjuangan Menghidupi Jati Diri Bangsa. Depok: Pt Grasindo.

Syahrir, Sutan. Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Falsafah Negara Dan Implementasinya Dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Ilmu Social. Vol 26, No.2, Desember 2016.

Udin S. Winataputra, Dkk. (2007). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Pasal 37 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winarno. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Published

2021-12-31

Issue

Section

Artikel