KAPASITAS GURU MEMAHAMI PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN KARAKTER SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v3i2.2103Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kapasitas guru memahami psikologi pendidikan dan karakter siswa selama pandemic Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan studi pustaka. Obyek penelitian ini adalah kapasitas guru dan psikologi pendidikan anak. Subyek penelitian adalah guru. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan penelusuran jurnal-jurnal yang terdapat pada beberapa media elektronik seperti digital library, internet, dengan melalui Google Cendekia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis anotasi bibliografi (annotated bibliography). Hasil penelitian menunjukan bahwa kapasitas guru memahami psikologi pendidikan anak selama pandemic Covid-19 dapat diwujudkan melalui metode pemecahan masalah. Adapun langkah-langkah dari metode pemecahan masalah dalam psikologis pendidikan anak dilakukan melalui 4 cara, yaitu Orientasi masalah, Identifikasi masalah, Pilihan Alternatif, Pengambilan Keputusan, dan Verifikasi. Sementara itu, pembelajaran yang diberikan oleh guru selama pandemi dalam pendidikan karakter yaitu membuat modul pembelajaran bermuatan karakter, guru dapat dapat membuat konten pembelajaran online yang menarik bagi siswa, pemberian tugas mandiri yang bermuatan karakter, penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran online, komunikasi yang baik antara guru dengan orang tua, dan memberikan reward atas kegiatan positif yang dilakukan siswa untuk memotivasi.
Downloads
References
Akhwani & Romdloni, M. (2021). Indonesian Journal of Primary Education. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 1–12.
Amelisa, M. (2018). Model Konseling Self-Disclosure …. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 15(1), 57–67.
Anwar, H. (2014). Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah. Nadwa, 8(1), 37. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.569
Apriyanto, R. D., Andrianie, S., & Anggara, G. S. (2020). Implementasi pendidikan karakter di masa pandemi covid-19: Tantangan dan Kontribusi. Prosiding Seminar Nasional FIP 2020, 128–135.
Chaniago, A. (2017). Teknik pengambilan keputusan (pendekatan teori dan studi kasus). Lentera Ilmu Cendeia.
Daga, A. T. (2021). Implementing character education during the covid-19 pandemic at elementary school. Jurnal Primary, 10, 836–851.
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., & Octafianti, M. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital Dinie Anggraeni Dewi1, Solihin Ichas Hamid2, Farah Annisa3, Monica Octafianti 4 , Pingkan Regi Genika 5 . 5(6), 5249–5257.
Dewi, R. (2015). Komunikasi Terapeutik Konselor Laktasi Terhadap Siswa Relaktasi. Jurnal Kajian Komunikasi, 3(2), 192–211. https://doi.org/10.24198/jkk.vol3n2.9
El Fiah, R. (2015). Bimbingan dan konseling di Sekolah (Vol. 7, Issue 2). LPPM IAIN Raden Intan.
Fatchurahman, M., Triyani Syarif, D. F., & Turohmi, S. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving dalam Menurunkan Perilaku Membolos Siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(1), 55–68. https://doi.org/10.30653/001.201821.18
Hadi, I. A. (2017). Peran Penting Psikologi dalam Pendidikan Islam. Nadwa, 11(2), 251. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1304
Karni, A. (2014). Konseling dan Psikoterapi Profesional. Syi’ar, 14(1), 39–52.
Mahmudah, S. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Covid 19. Jurnal Al – Mau’izhoh, 2(2), 1–14.
Massie, A. Y. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter siswa. Jurnal Satya Widya, XXXVII(2), 54–61.
Mubarizi, A. F., Pangestuti, H., Selviana, M., & Saputri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kesejahteraan Psikologis ( Psycal-Well-Being ) Selama pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Kabupaten Batang. Jurnal Abdimas, 1, 1–8.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar Edisi Revisi.
Nurliani, N. (2016). Studi Psikologi Pendidikan. Jurnal As-Salam, 1(2), 39–51.
Purandina, I P & Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta (Jurnal Ilmu Pendidikan), 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454
Rachman, M., & Budi, C. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid 19.
Rizkia, R. (2018). Bimbingan dan Konseling Islam dengan teori rational emotif therapy menggunakan teknik pengambilan keputusan dalam mengatasi dilema pemilihan padangan hidup. Prodi Bimbingan Konseling Islam. https://www.uam.es/gruposinv/meva/publicaciones jesus/capitulos_espanyol_jesus/2005_motivacion para el aprendizaje Perspectiva alumnos.pdf%0Ahttps://www.researchgate.net/profile/Juan_Aparicio7/publication/253571379_Los_estudios_sobre_el_cambio_conceptual_
Rojuli, S., & Rahayu, A. (2017). Strategi Pembelajaran untuk peningkatan soft skill dan kesiapan kerja. Mer-C Publishing.
Sakerebau, J. (2018). Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 96–111. https://doi.org/10.34307/b.v1i1.22
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Jurnal IVCEJ, 3(1), 8–19.
Saputri, T N & Muknim, B. A. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2045–2053.
Soeparno, K. (2016). Social Psychology: the Passion of Psychology. Buletin Psikologi, 19(1), 16–28. https://doi.org/10.22146/bpsi.11544
Sopiah, C. (2021). Dampak pembelajaran online terhadap pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Jendela Bunda, 8(2), 21–31.
Sriyanti, L. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta. STAIN Salatiga Press.
Supriyanto, D. (2017). Sejarah Singkat Psikologi Pendidikan. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 229–238.
Suriadi, H. J., & Ahmad, R. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. 3(1), 165–173.
Tas’adi, R. (2014). Hakekat dan konsep dasar psikologi pendidikan, belajar dan pembelajaran serta faktor-faktor yang mempengaruginya. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007
Thahir, A. (2012). Psikologi Kriminal. In Psikolgi Kriminal (Vol. 66, pp. 37–39).
Thamaria, N. (2016). Ilmu Prilaku dan Etika Farmasi (Vol. 66). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.