Pelatihan Pemasaran Produk UMKM Desa Prayungan Pada Pasar Digital (E-commerce)

Authors

  • may shinta retnowati UNIDA Gontor
  • Aisy Rahmania Universitas Darussalam Gontor
  • M. Ilham Nazaruddin Noor Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.32585/educate.v2i1.2458

Keywords:

UMKM, penjualan, e-commerce,

Abstract

Praktik penggunaan teknologi atau jaringan internanet melalui industri perdagangan secara online atau biasa yang disebut e-commerce ini  memiliki jaringan pasar dan sasaran penjual dan pembeli yang sangat luas dan dapat dengan mudah diakses oleh semua orang dari berbagai kalangan  dan setiap saat. Hal ini menyebabkan transaksi perdagangan barang dan jasa melalui internet semakin meningkat jumlahnya sering dengan meningkatnya pengguna internet. E-commerce memberikan peluang terhadap pelaku usaha baru untuk memasuki pasar tanpa adanya hambatan karena media internet dapat diakses dengan mudah oleh semua orang, sehingga dapat terjadi penurunan hambaran pasar (entry barrier). Semakin banyaknya pelaku usaha yang melakukan kegiatan usaha, maka semakin kompetitif suatu pasar. Pada Tahapan yang digunakan pada pelaksanaan pengabdian ini dengan beberapa Persiapan yang dilakukan diantaranya; Melaksanakan  FGD (Forum Group Discussions). pelatihan system pemasaran dengan e-commerce “Shopee”,  melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM dalam pemahaman dan penggunaan aplikasi pemasaran di e-commerce shopee, mulai dari registrasi, pembuatan “Toko online” pada akun, cara posting barang, dan informasi layanan yang ada dishopee untuk penjual dan  memonitoring perkembangan dari pelaksanaan penjualan e-commerce. Pelaku UMKM tas anyaman yang sebelumnya hanya mengadalkan system penjualan manual, yakni menunggu konsumen untuk datang langsung ke rumah penjual ataupun menunggu saat ada momen bazar saat ini mereka dapat melakukan penjualan dengan cara digital pada e-commerce.

References

Astuti, R., & W, Pariyadi. (2013). Aplikasi E-Commerce Pada Systech Computer Jambi. Seminar Nasional Informatika (SNIf) 2013. STMIK Potensi Utama Medan. Hlm. 348-352.

Bernadi, J. (2013). Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Velg YQ. ComTech. 4(2). Hlm. 731-741.

Fingar, P., Harsha, K., & Tarun, S. (2000). Enterprise E-Commerce. Tampa Florida. Meghan-Kiffer Press

Hardianti, S. (2019). Pengaruh Iklan Dan Word Of Mouth Terhadapminat Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee Padamahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitasmuhammadiyah Sumatera Utara. Http://Repository.Umsu.Ac.Id/, 6.

Hotana, Melisa Setiawan (2018), Industri E-Commerce Dalam Menciptakan Pasar Yang Kompetitif Berdasarkan Hukum Persaingan Usaha, Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune, 1(1)

I Putu Agus Eka Pratama, 2015, E-commerce, E-business, dan Mobile Commerce, Bandung, Informatika.

Julian Ding LL.B, (1998). E-commerce: Law & Practices, Malaysia, Sweet & Maxwell

Viona, Veronica (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. Aguna:Jurnal ilmu Komunikasi, 1(2)

Sastika,Widya. (2017). Analisis Kualitas Layanan Dengan Menggunakane-Service Quality Untuk Mengetahui Kepuasan Pelangganbelanja Online Shoppe. Journals.Upi-Yai.Ac.Id, 2, No.2

Shopee. (2018). Shopee Indonesia. Shopee. Retrieved from https://shopee.co.id

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

retnowati, may shinta, Rahmania, A., & Noor, M. I. N. (2022). Pelatihan Pemasaran Produk UMKM Desa Prayungan Pada Pasar Digital (E-commerce). Educate: Journal of Community Service in Education, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.32585/educate.v2i1.2458

Issue

Section

Artikel