Pelatihan Pemasaran Produk UMKM Desa Prayungan Pada Pasar Digital (E-commerce)
DOI:
https://doi.org/10.32585/educate.v2i1.2458Kata Kunci:
UMKM, penjualan, e-commerce,Abstrak
Praktik penggunaan teknologi atau jaringan internanet melalui industri perdagangan secara online atau biasa yang disebut e-commerce ini memiliki jaringan pasar dan sasaran penjual dan pembeli yang sangat luas dan dapat dengan mudah diakses oleh semua orang dari berbagai kalangan dan setiap saat. Hal ini menyebabkan transaksi perdagangan barang dan jasa melalui internet semakin meningkat jumlahnya sering dengan meningkatnya pengguna internet. E-commerce memberikan peluang terhadap pelaku usaha baru untuk memasuki pasar tanpa adanya hambatan karena media internet dapat diakses dengan mudah oleh semua orang, sehingga dapat terjadi penurunan hambaran pasar (entry barrier). Semakin banyaknya pelaku usaha yang melakukan kegiatan usaha, maka semakin kompetitif suatu pasar. Pada Tahapan yang digunakan pada pelaksanaan pengabdian ini dengan beberapa Persiapan yang dilakukan diantaranya; Melaksanakan FGD (Forum Group Discussions). pelatihan system pemasaran dengan e-commerce “Shopee”, melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM dalam pemahaman dan penggunaan aplikasi pemasaran di e-commerce shopee, mulai dari registrasi, pembuatan “Toko online” pada akun, cara posting barang, dan informasi layanan yang ada dishopee untuk penjual dan memonitoring perkembangan dari pelaksanaan penjualan e-commerce. Pelaku UMKM tas anyaman yang sebelumnya hanya mengadalkan system penjualan manual, yakni menunggu konsumen untuk datang langsung ke rumah penjual ataupun menunggu saat ada momen bazar saat ini mereka dapat melakukan penjualan dengan cara digital pada e-commerce.
Unduhan
Referensi
Astuti, R., & W, Pariyadi. (2013). Aplikasi E-Commerce Pada Systech Computer Jambi. Seminar Nasional Informatika (SNIf) 2013. STMIK Potensi Utama Medan. Hlm. 348-352.
Bernadi, J. (2013). Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Velg YQ. ComTech. 4(2). Hlm. 731-741.
Fingar, P., Harsha, K., & Tarun, S. (2000). Enterprise E-Commerce. Tampa Florida. Meghan-Kiffer Press
Hardianti, S. (2019). Pengaruh Iklan Dan Word Of Mouth Terhadapminat Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee Padamahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitasmuhammadiyah Sumatera Utara. Http://Repository.Umsu.Ac.Id/, 6.
Hotana, Melisa Setiawan (2018), Industri E-Commerce Dalam Menciptakan Pasar Yang Kompetitif Berdasarkan Hukum Persaingan Usaha, Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune, 1(1)
I Putu Agus Eka Pratama, 2015, E-commerce, E-business, dan Mobile Commerce, Bandung, Informatika.
Julian Ding LL.B, (1998). E-commerce: Law & Practices, Malaysia, Sweet & Maxwell
Viona, Veronica (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. Aguna:Jurnal ilmu Komunikasi, 1(2)
Sastika,Widya. (2017). Analisis Kualitas Layanan Dengan Menggunakane-Service Quality Untuk Mengetahui Kepuasan Pelangganbelanja Online Shoppe. Journals.Upi-Yai.Ac.Id, 2, No.2
Shopee. (2018). Shopee Indonesia. Shopee. Retrieved from https://shopee.co.id
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Educate: Journal of Community Service in Education agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.