Penanaman Nilai Anti Korupsi melalui Kebiasaan Sehari-hari pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri Jatipurwo 1, Jatipuro, Karanganyar

Authors

  • muhamad habib habib Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/educate.v3i1.3967

Keywords:

Menanamkan Nilai, Anti Korupsi, SDN Jatipurwo 1

Abstract

korupsi merupakan perbuatan yang sukar untuk dapat diberantas. Sejak indonesia dijajah, sudah mengalami apa yang dinamakan dengan korupsi, hingga sekarang saat ini dengan banyaknya kasus bermunculan di media masa. Peristiwa tindak pidana korupsi dari masa kemasa membuktuikan bahwa memang perbuatan korupsi sudah meraja lela dan sukar diberantas. Dunia pendidikan diharapkan mampu memberikan peran dalam pencegahan korupsi sejak dini. Pendidikan sebagai sarana dalam  membentuk generasi penerus bangsa menjadi wadah yang efektif dalam rangka pencegahan korupsi. Menumbuhkan sikap anti korupsi sejak dini perlu diterapkan dan ditanamakan. Tujuan yang diharapkan adalah menanamkan nilai antikorupsi bagi siswa, serta sisiwa mampu menerapkan sikap antikorupsi. Metode yang digunakan dalam menanamkan nilai anti korupsi adalah sebagia berikut Pemaparan Materi yaitu pemateri memberikan sosialisasi dan pemahaman mengenai menanamkan nilai anti korupsi dan berkelanjutan, berupa pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. Selain itu peserta juga diberikan pengetahuan mengenai kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga sekolah dalam menjaga lingkungan sekolah dalam hal kebersihan. Diberikan wakytu untuk bertanya sekaligus permainan tentang anti korupsi. praktik langsung (Skill Sesion) peserta dirangsang secara mandiri untuk mampu melakukan praktik sikap antikorupsi berupa kejujuran, kepedulian, kemandirian, dan kedisiplinan. Dirasa cukup menguasai dan memahami sikap antikorupsi dilanjutkan dengan monitoring dan evaluasi, menunjukan bahwa keberhasilan bagi peserta dalam melaksanakan kejujuran, kepedulian, kemandirian, kedisiplinan.

References

Baistih, L. N. (2017). Analisis Lingkungan Sekolah Dan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Man 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Muhammadiyah Surakarta , Vol. 3

Burhanudin, A. A (2021). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Anti Korupsi Pada Mahasiswa. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam. Vol. 2, No. 2, hh.56-73

Herlina, Sri. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Anti Korupsi di Sekolah, Dilihat 20 Juli 2022 . http://pgrijateng.info/archive/read/153/penanaman-nilai-nilai--anti-korupsi-di- sekolah

Hikmah, L. (2018). Korupsi Persfektif Hadist, dilihat 25 September 2022 http://kommabogor.wordpress.com/2008/01/13/korupsi-perspektif-hadist-/

Horrocks. (2017). Pengertian Nilai, dilihat 20 Juli 2022 http://www.sumberpengertian.com/pengertian- nilai-menurut-para-ahli. Zulkarnaen,

Ihsana, E. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.Yogyakarta.

KUHP

Nata, A. (2017). Pendidikan Tinggi Islam dan Upaya Anti Korupsi,dilihat 25 Februari 2023 http://www.uinjkt.ac.id/

Suryani. (2015). Penanaman nilai-nilai anti korupsi di lembaga pendidikan perguruan tinggi sebagai upaya preventif pencegahan korupsi. jurnal visi komunikasi, Vol. 14, no.02, hh. 285-301

Yuliastuti. (2020). Problematika Yang Dihadapi Jaksa Dalam Penyidikan Tindak Pidana Korupsi (Studi Kasus Pada Kejaksaan Negeri Karangangar). AL- Wathan: Jurnal Ilmu Syariah,Vol. 1, hh. 1-20.

Published

2023-06-29

How to Cite

habib, muhamad habib. (2023). Penanaman Nilai Anti Korupsi melalui Kebiasaan Sehari-hari pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri Jatipurwo 1, Jatipuro, Karanganyar. Educate: Journal of Community Service in Education, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.32585/educate.v3i1.3967

Issue

Section

Artikel