Peningkatan Kemampuan Public Speaking bagi Guru dan Siswa SMK Muhammadiyah Watukelir dengan Metode Bermain Peran
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara guru dan siswa di SMK Muhammadiyah Watukeril melalui teknik role-playing. Keterampilan berbicara di depan umum sangat penting dalam pendidikan, karena membantu menyampaikan ide dan informasi dengan percaya diri. Metode role-playing dipilih karena menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.
Dalam kegiatan ini, siswa dan guru berlatih berbicara di depan umum melalui simulasi berbagai situasi, seperti presentasi, debat, dan dialog. Tujuannya adalah mengurangi ketegangan, meningkatkan keterampilan komunikasi, dan memperkuat kemampuan menyampaikan pesan secara jelas dan persuasif.
Simulasi dirancang untuk mewakili berbagai skenario dunia nyata, memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengatasi tantangan berbicara di depan umum. Dengan berlatih dalam suasana yang santai, mereka dapat berbicara dengan percaya diri di hadapan banyak orang.
Guru juga terlibat sebagai peserta, sehingga kolaborasi antara guru dan siswa dapat lebih intensif. Guru berperan penting dalam merealisasikan program pelatihan public speaking secara berkelanjutan di sekolah. Dengan penerapan metode ini, keterampilan public speaking siswa dan guru di SMK Muhammadiyah Watukeril diharapkan meningkat, baik dari segi percaya diri, kelancaran, maupun kemampuan menyampaikan pesan secara efektif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wahyu Dini Septiari, Pardyatmoko, Suparmin Suparmin, Dewi Kusumaningsih, Titik Sudiatmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Educate: Journal of Community Service in Education agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

