Pelatihan Business English Speaking bagi Siswa Kelas XII Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK PGRI Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.32585/educate.v3i1.3772Keywords:
Bahasa Inggris, Bisnis Inggris, Kemampuan Berbicara, ESP, SMKAbstract
Kemampuan bahasa Inggris mampu menjadi nilai tambah bagi lulusan SMK dalam dunia kerja terutama untuk jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP). Pelatihan dengan judul Pelatihan Business English Speaking bagi Siswa Kelas XII Jurusan OTKP SMK PGRI Sukoharjo bertujuan untuk memberikan ketrampilan berbicara dengan Business English terutama dalam bidang perkantoran. Pelatihan diikuti oleh 16 siswa kelas XII jurusan OTKP SMK PGRI Sukoharjo. Pelatihan dilaksanakan secara luring dengan memanfaatkan Pertemuan Tatap Muka (PTM) di SMK PGRI Sukoharjo. Pelatihan dilakukan dengan metode workshop selama 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama terdiri dari pre-test yang dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait How to Read A Graph (Bagaimana Membaca Grafik dalam Bahasa Inggris). Pertemuan kedua disi dengan penyampaian materi terkait How to make a phone call in English (Bagaimana menelepon dengan Bahasa Inggris) serta post test. Baik pre-test dan post-test dilakukan secara lisan. Nilai untuk pre-test dan post-test dengan menggunakan skala 1-10. Nilai rata-rata pre-test adalah 3,6 sementara itu nilai rata-rata untuk post-test adalah 9,7. Dengan adanya peningkatan nilai tersebut dapat disimpulkan adanya pemahaman yang baik dari para peserta pelatihan.
Downloads
References
Dzięcioł-Pędich, A. (2014). Business English in the eyes of economics and management students at the University of Białystok. Studies in Logic, Grammar and Rhetoric, 38(51), 83–102. https://doi.org/10.2478/slgr-2014-0033
Fitria, T. N. (2019). Business English As A Part Of Teaching English For Specific Purposes (ESP) To Economic Students. Jurnal Education and Economics, 02(02), 143–152. http://jurnal.azharululum.sch.id/index.php/jee/article/view/51
Mandasari, B., Aminatun, D., Qurrota’ Akyuningrum, V., & Nuraziza, N. (2021). Pelatihan Public Speaking Bagi Siswa-Siswi Smk Farmasi Cendikia Farma Husada Bandar Lampung. Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat ), 5(2), 109–121. http://www.ojs.ummetro.ac.id/index.php/sinarsangsurya/article/view/1661
Puspitaloka, N. (2020). Pelatihan Basic English for Computing untuk Siswa SMK Teksas Purwakarta. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). http://jurnal.una.ac.id/index.php/anadara/article/view/1095%0Ahttp://jurnal.una.ac.id/index.php/anadara/article/download/1095/994
Rao, V. C. S. (2017). English for business and management. Journal for Research Scholars and Professional of English Language Teaching, 1(2), 1–11. http://www.jrspelt.com
Safira, L., & Azzahra, N. F. (2022). Meningkatkan Kesiapan Kerja Lulusan SMK melalui Perbaikan Kurikulum Bahasa Inggris. 53, 1–62.
Setiawan, E., Rahman, D. A., & Kristanto, R. (2020). Pelatihan Keterampilan Menulis dalam Korespondensi Berbahasa Inggris, Menerjemahkan serta Keterampilan Menggunakan Grammarly, Google Translate, dan Google Drive di Sekolah Menengah Kejuruan KSATRYA, Rawasari, Jakarta Pusat. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 118–126. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.733
Suparlan, Rizal, S., Hidayatulla, M. R., & Masyudi. (2022). DEVOTE : Jurnal Pengabdian Masyarakat Global. DEVOTE : Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 1(2), 58–61.
Yulita, D., Neno, H., & Pale, E. S. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris untuk perbankan kepada siswa-siswa SMKS Khatolik Kefamenanu. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 167–176. https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6906
Zulkarnain, I., Sihite, M. R., Rangkuti, L. A., Mawaddah, S., Karim, A., Alwashliyah, U., Telephoning, B., Bisnis, T., Motor, S., & Menengah, S. (2023). PELATIHAN ENGLISH FOR BUSINESS PADA MATERI BUSINESS TELEPHONING BAGI SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK. 1(2), 64–72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Educate: Journal of Community Service in Education agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.