Optimalisasi Kegiatan Laboratorium dan Kegunaan KIT Praktikum IPA Fisika bagi Guru-guru IPA Terpadu di SMPN. 8 Kota Kupang
DOI:
https://doi.org/10.32585/educate.v2i1.2364Kata Kunci:
Optimalisasi, KIT Praktikum, Fisika, SMPNAbstrak
Kesadaran akan peran seorang pendidik, khususnya dosen, perlu mengembangkan diri melalui kegiatan tridharma perguruan tinggi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, dirancang suatu kegiatan yakni pengoptimalan laboratorium melalui pelatihan penggunaan kit praktikum di SMPN. 8 Kota Kupang. Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan guru SMP untuk melakukan demonstrasi dan percobaan fisika di sekolah. Selain itu, guru di SMPN. 8 Kota Kupang diharapkan semakin kreatif dalam menyampaikan materi melalui kit praktikum yang telah tersedia di sekolah. Rancangan kegiatan optimalisasi laboratorium melalui pelatihan penggunaan kit praktikum dilakukan di SMPN. 8 Kota Kupang didasari dari hasil observasi serta diskusi dengan guru IPA Terpadu dan kepala sekolah. Pada saat diskusi, para guru IPA Terpadu mengungkapkan bahwa perlu dilakukan pelatihan untuk menggunakan kit praktikum fisika yang tersedia di sekolah, karena guru- guru IPA terpadu tidak semua berasal dari dasar pendidikan fisika, namun ada juga dari biologi. Oleh karena itu, Program Studi Fisika akan melakukan suatu kegiatan pelatihan penggunaan kit praktikum fisika di sekolan SMPN. 8 Kota Kupang, yang diharapkan dapat membantu pengembangan sekolah tersebut
Unduhan
Referensi
Allen, D., & Hodson, R.C. (2004). Crops of the future: A problem-based learning exercise for the laboratory. Proceedings of the 25th Workshop/Conference of the Association for Biology Laboratory Education, 199-218.
Bahri, N.A., Azli, N.A., & Samah, N.A. (2012). Problem-based learning laboratory (pblab): facilitators’ perspective on rubric assessment. International Conference on Teaching and Learning in Higher Education in conjunction with RCEE & RHED. Diakses pada tanggal 28 Juli 2015 dari http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042812040979
Finkelstein, N.D. (2004). Teaching and learning physics: A model for coordinating physics instruction, outreach, and research. Department of Physics University of Colorado, Boulder. Diakses tanggal 28 Juli 2015 dariwww.colorado.edu/physics/EducationIssues/.../JoSoTL_Finkelstein.pdf
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Indonesia (2013), Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam, Kelas VII, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Indonesia, Jakarta, 2013.
Kholifudin, M. 2013. “Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Pembuatan Alat Resonansi Bunyi dari Lampu Neon Bekas Untuk Membentuk Kerja Ilmiah Dan Sikap Ilmiah PAda Siswa”. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVII HFI Jateng dan DIY, Solo 23 Meret 2013, ISSN: 08530823.
Purwanto, E., Parmin., Paniati, E. 2013. “Model Analisis Evaluasi Diri Untuk Mengembangkan Kemampuan MAhasiswa Calon Guru IPA Dalam Merancang Pengembangan Laboratorium Di Sekolah”. Semarang: Jurnal Pendidikan IPA Indonesia FMIPA UNNES,.
Robertson, W. 2013. “Jawaban Untuk Pertanyaan Sains”. Jakarta: Indeks
Serway, R., Jeweet, J. 2009. “Fisika Untuk Sains Dan Teknik”. Jakarta: Salemba Teknika.
Subiantoro, A. 2013. “Pentingnya Praktikum Dalam Pembelajaran IPA”. Yogyakarta: Makalah Pelatihan Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Lingkungan Bagi Guru MGMP IPA SMP Kota Yogyakarta Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Educate: Journal of Community Service in Education agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.