Pelatihan Peningkatan Keterampilan Literasi Digital Guru SMP: Strategi Mempersiapkan Siswa Menghadapi Tantangan Teknologi

Penulis

  • Ningrum Astriawati Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Gino Erman Agusta SMA IT Baitussalam
  • Haryani Politeknik Bumi Akpelni
  • Ardystia Maha Sari
  • Abdurahman Milad

Abstrak

Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) dalam dunia pendidikan membuka peluang yang signifikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui personalisasi, efisiensi, dan inovasi. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru SMP IT Baitussalam Prambanan, Yogyakarta dengan memanfaatkan AI dalam proses pembelajaran. Program ini melibatkan 14 guru dan meliputi pelatihan tentang pengintegrasian AI ke dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi seperti ChatGPT, Moodle, dan coding tools. Metode yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan guru, penyiapan materi pelatihan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi dampak. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan rasa percaya diri guru dalam menyusun Rencana Pembelajaran (RPP) berbasis AI dan penggunaan media pembelajaran interaktif. AI juga membantu guru lebih memahami kebutuhan belajar siswa, sehingga tercipta pengalaman belajar yang lebih personal dan efektif. Program ini menyimpulkan bahwa pelatihan berbasis AI memberikan dampak positif yang signifikan dalam mendukung transformasi pembelajaran, dengan rekomendasi pelatihan lanjutan untuk memperdalam pemahaman guru tentang teknologi AI dalam konteks pendidikan yang lebih luas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-06-22

Cara Mengutip

Astriawati, N., Agusta, G. E., Haryani, Sari, A. M., & Milad, A. (2025). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Literasi Digital Guru SMP: Strategi Mempersiapkan Siswa Menghadapi Tantangan Teknologi. Educate: Journal of Community Service in Education, 5(1), 1–8. Diambil dari https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/educate/article/view/6212

Terbitan

Bagian

Artikel