Pelatihan Peningkatan Keterampilan Literasi Digital Guru SMP: Strategi Mempersiapkan Siswa Menghadapi Tantangan Teknologi
Abstrak
Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) dalam dunia pendidikan membuka peluang yang signifikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui personalisasi, efisiensi, dan inovasi. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru SMP IT Baitussalam Prambanan, Yogyakarta dengan memanfaatkan AI dalam proses pembelajaran. Program ini melibatkan 14 guru dan meliputi pelatihan tentang pengintegrasian AI ke dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi seperti ChatGPT, Moodle, dan coding tools. Metode yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan guru, penyiapan materi pelatihan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi dampak. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan rasa percaya diri guru dalam menyusun Rencana Pembelajaran (RPP) berbasis AI dan penggunaan media pembelajaran interaktif. AI juga membantu guru lebih memahami kebutuhan belajar siswa, sehingga tercipta pengalaman belajar yang lebih personal dan efektif. Program ini menyimpulkan bahwa pelatihan berbasis AI memberikan dampak positif yang signifikan dalam mendukung transformasi pembelajaran, dengan rekomendasi pelatihan lanjutan untuk memperdalam pemahaman guru tentang teknologi AI dalam konteks pendidikan yang lebih luas.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Gino Erman Agusta, Ningrum Astriawati, Haryani, Abdurahman Milad

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Educate: Journal of Community Service in Education agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.