Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran bagi Guru Kelas Menggunakan Aplikasi Canva
Abstrak
Pelaksanaan pembelajaran yang memanfaatkan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi merupakan bentuk perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Hal tersebut dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan. Maka peran media pembelajaran menjadi semakin penting. Sehingga, guru dituntut mengasah kemampuannya dalam pembuatan media pembelajaran interaktif. Pembuatan media pembelajaran dapat memanfaatkan aplikasi. Hal tersebut dapat menjadi salah satu bukti bahwa teknologi dapat menjadi perantara menyampaikan pembelajaran agar tujuan pembelajaran maksimal. pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melatih guru membuat media pembelajaran interaktif. Sehingga, kegiatan pembelajaran dapat melaksanaakan kegiatan pembelajaran lebih menarik. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 minggu. Program pengabdian kepada Masyarakat menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA). Metode PLA dilaksanakan melalui tiga tahapan kegiatan yaitu sosialisasi, diskusi, dan praktik sehingga dapat meningkatkan keterlibatan peserta pengabdian kepada masyarakat secara aktif. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini menambah kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran. Setelah pelatihan, guru menjadi mengetahui jika guru dapat menggunakan seluruh fitur pada aplikasi canva secara gratis jika diakses dengan aku belajar.id. Kesimpulan pengabdian kepada masyarakat ini adalah aplikasi canva terbukti menjadi alat yang potensial untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, asalkan didukung oleh manajemen sumber daya yang baik di lingkungan sekolah.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Mutiara Dana Elita, Moefty Mahendra, I Made Ratih Rosanawati, Geby Adellestia, Fanreza Ardiansyah, Fikrun Najih Hidayat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Educate: Journal of Community Service in Education agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.