PERAN JUST-IN-TIME DAN MUTU BAHAN BAKU TERHADAP KUALITAS PRODUK ROTI

Authors

  • Sari Wiyanti Universitas Pancasakti Tegal
  • Indah Sulistyowati Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pancasakti Tegal
  • Nur Arifiyah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pancasakti Tegal
  • Nabila Astriani Putri Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pancasakti Tegal
  • Anggraena Jahara Kusdinar Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.32585/japti.v4i1.4411

Abstract

Perusahaan roti menerapkan  strategi yang sesuai serta tepat sasaran karena pelaku bisnis roti saling bersaing untuk bertahan dalam kompetisi yang semakin ketat. Toko Roti Tiara Snack & Bakery Brebes kategori toko kurang berkembang dan kurang mampu bersaing dengan toko roti yang lainnya. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis Strategi Just-In-Time dan Mutu bahan baku dalam meningkatkan kualitas roti di Toko Roti Tiara Snack & Bakery Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dan data yang digunakan adalah data sekunder dan primer. Data sekunder diperoleh dari obyek penelitian yang diolah dengan metode Moving Average. Data primer berasal dari kuesioner dengan teknik pengambilan sampel dengan non random sampling dan metode Purposive sampling. Data primer akan di analisis dengan analisis regresi linear berganda dan di uji hipotesis dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian berdasarkan metode moving average, terjadi kenaikan kualitas roti yang dibuktikan dari peramalan kenaikan jumlah produksi ditahun 2023 cukup stabil. Hasil ini didukung oleh uji t pada Persepsi Just In Time terhadap Kualitas Produk nilai thitung > ttabel yaitu 3,385 > 1,661 dan sig. 0,001 < 0,05 artinya H1 diterima. Persepsi Mutu Bahan Baku terhadap Kualitas Produk didapatkan thitung > ttabel yaitu 4.737 > 1,661 dan sig. 0,000 < 0,05 artinya H2 diterima. Kesimpulan “strategi Just-In-Time  memiliki pengaruh positif terhadap Kualitas Produk dan Mutu Bahan Baku memiliki  positif terhadap  Kualitas Produk Roti di Toko Roti Tiara Snack & Bakery.

References

Aji, W. N. (2022). Pengendalian Kualitas Proses Produksi Konveksi Pada PT. Kaosta Sukses Mulia. Jurnal Kewirausahaan, 8 No. 4. Retrieved from https://journal.stiemsir.ac.id

Ardiansyah, M. F., & Jamaludin Khalid. (2022). Pengaruh Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Angkringan Nineteen. Humantech : Jurnal Ilmiah Multi Disiplim Indonesia, 1 No. 1.

Astuti, W., & Yusdita, E. (2022, Desember). Sistem Pengelolaan Bahan Baku Berbasis Just In Time (JIT) Pada UMKM "Aneka Keripik Kartini". Jurnal Bisnis Terapan, 130-140. doi:DOI : https://doi.org/10.24123/jbt.v6i2.5138

Astuti, W., Isharijadi, & Yusdita, E. E. (2022, Desemper). Sistem Pengelolaan Bahan Baku Berbasis Just In Time (JIT) Pada UMKM "Aneka Keripik Kartini". Jurnal Bisnis Terapan, 6 No. 2. doi:DOI : https://doi.org/10.24123/jbt.v6i2.5138

Auliasari, K., Kertaningtyas, M., & Kriswantono, M. (2019). Penerapan Metode Peramalan Untuk Identifikasi Potensi Permintaan Konsumen. Informatics Journal, 4 No. 3. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id

B, E. B., & Nurcaya, I. (2019). Penerapan Just In Time Untuk Efisiensi Biaya Persediaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 8 No. 3, 1755-1783. doi:https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i3.p21

Cardia, D. I., I Wayang Santika, & Ni Nyoman Rsi Respati. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. EJMUNUD-E-Jurnal Manajemen, 8 No. 11. doi:DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p19

Chuong, W. J. (2015: 343). Manajemen Operasi (9 Buku 2 ed.). PENERBIT salemba Empat.

Daymon, C., & Immy, H. (2008). Riset Kualitatif.

Erdi, & Dian Haryanti. (2023, mARET). Pengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Di PT. Karawang Foods Lestari. IKRAITH-EKONOMIKA, 6 nO. 1. Retrieved from http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA

Firmasyah, A. R. (2016, Oktober). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Persepsi Kualitas Terhadap Niat Beli Mobil Datsun Go Panca. BISMA : Bisnis dan Manajemen , 9 no. 1, 26-32.

Heizer, J., & Render, B. (2014). Manajemen Operasi. Salemba Empat.

Hiraly, D., & Wibowo, I. (2021, April). Pengaruh Kualitas Bahan Baku Proses Produksi Terhadap Kualitas PT. Menjangan Sakti. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 9 No. 1. doi:http://dx.doi.org/10.35137/jmbk.v9i1.518

Indah, D. R., & Ei Rahmadani. (2018). Sistem Forecasting Perencanaan Produksi Dengan Metode Single Eksponensial Smoothing Pada keripik Singkong Srikandi Di Kota Langsa. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 2 No. 1. Retrieved from https://core.ac.uk

Iwan, Rahayu, E. H., & Yulianto, A. (n.d.). ANALISIS PERAMALAN PERMINTAAN MOBIL MITSUBISHI XPANDER DENGAN TIGA METODE FORECASTING. CAKRAWALA, 18 No. 2. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/4296

Janson, E. B., & Nurcaya, I. (n.d.). Penerapan Just In Time Untuk Efisiensi Biaya Persediaan. E-Jurnal Manajemen Unud , 8 No. 3, 1755-1783. doi:DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i3.p21

Kotler, A. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008: 223). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi 12 Jiild 2 (12 Jilid 2 ed.). Erlangga.

Kotler, P., & armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1 (12 Jilid 1 ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Garry Armstrong. (2016: 212). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Garry Armstrong. (2016: 51). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Garry Armstrong. (2016: 51). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller Kevin Lane. (2003: 206). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008 ). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 (13 jilid 1 ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2 (13 ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012: 138). Manajemen Pemasaran.

Kotler, P., & Lane, K. (2009: 184). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Erlangga.

Lusiana, A., & Yuliarty, P. (n.d.). Penerapan Metode Peramalan (Forcansting) Pada Permintaan Atap di PT. X. Industri Inovasi, 10 No 1. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/industri/article/view/2530

Madianto, A., Moch Dzulkirom AR, & Dwiatmanto, D. (n.d.). Analisis Implementasi Sistem Just In Time (JIT) Pada Persediaan Bahan Baku Untuk Memenuhi Kebutuhan Produksi (Studi Pada PT. Alinco, Karangploso, Malang). Jurnal AAdministrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya. Retrieved from https://www.neliti.com

Noerpratomo, A. (2018, Agustus). Pengaruh Persediaan Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Di CV. Banyu Biru Connection. Jurnal Manajemen Bisnis, 2 No. 2. doi:https://doi.org/10.36555/almana.v2i2.131

Pradnyana, I., & GPA J Susila. (2022, Agustus). Pengaruh Kualitas Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling ALMAZ Pada Masyarakat Di Bali. BISMA : Jurnal Manajemen, 8 No. 2, 470-475.

Pratiwi, D., & Listya Sugiyarti. (2022, November). Pengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Prose Produksi Terhadap Kualitas Produk (Studi Kasus Pada PT. Kurnia Dwimitra Sejati Bogor). JEMBA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1 No 6. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JEMBA/article/view/3901

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsume . Yogyakarta: Andi Offset.

Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen. Prenadamedia Group.

Sibarani, H., & L. A. (2022, Oktober ). Analisis Pengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Pada Persahaan PT. XYZ. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 1 nO. 2. doi:https://doi.org/10.55606/jurrie.v1i2.372

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian : Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta .

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Andi Offset.

Sumarwan, U. (2012: 148). Perilaku Konsumen. Bandung: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, D. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta.

Sunyoto, D. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Umboh, I. W., Lisbeth Mananeke, & Indrie Palandeng. (2022, April). Pengaruh Kualitas Bahan Baku, Proses Produksi Dan Kualitas Tenaga Kerja Terhadap Kualitas Produk Pada PT. Cavron Global Lambean. Jurnal EMBA, 10 No. 2, 407-417.

Published

2023-03-31

How to Cite

Wiyanti, S., Sulistyowati, I., Arifiyah, N., Astriani Putri, N., & Jahara Kusdinar, A. (2023). PERAN JUST-IN-TIME DAN MUTU BAHAN BAKU TERHADAP KUALITAS PRODUK ROTI. Jurnal Aplikasi Ilmu Teknik Industri (JAPTI), 4(1), 1–13. https://doi.org/10.32585/japti.v4i1.4411

Issue

Section

Artikel