METODE REKRUTMEN KARYAWAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN UJI CATEGORICAL

Achmad Muchayan

Sari


Bagi pengusaha proses seleksi pegawai merupakan kegiatan penting dalam upaya mendapatkan tenaga kerja atau tenaga kerja yang memadai dalam menerima penugasan untuk melakukan jenis pekerjaan tertentu. Banyak metode yang dapat digunakan dalam proses seleksi karyawan, salah satunya adalah metode analisis kategoris. Apapun jenis metode seleksinya, tentunya perusahaan mengharapkan hasil seleksi yang akurat. Dalam penulisan artikel ini peneliti ingin menunjukkan salah satu bentuk penerapan metode tersebut agar hasil seleksi dapat memberikan gambaran hasil yang transparan. Metode ini bersifat numerik dengan menggunakan pendekatan skor melalui proses focus group discussion.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amy R. Overton, Ann C. Lowry, (2013), Conflict Management: Difficult Conversations with Difficult People, Clin Colon Rectal Surg. 2013 Dec; 26(4): 259–264. doi: 10.1055/s-0033-1356728.

Barry, Michael, Wilkinson, Adrian. 2015. Pro-social or pro-management? A critique of the conception of employee voice as a pro-social behaviour within organizational behaviour. British Journal of Industrial Relations 54(2): 261–84.

Cottini, Elena, Kato, Takeo, Westergaard-Nielsen, Neils Cristian. 2011. Adverse workplace conditions, high-involvement work practices and labor turnover: Evidence from Danish linked employer-employee data. Labour Economics 18: 872–80.

Cross, D., Burrus, S. W., & Shaw, M. (2014). Evaluating Conflict between Employees: Exploring the Costs to an Organization. International Journal of Aviation, Aeronautics, and Aerospace, 1(1). https://doi.org/10.15394/ijaaa.2014.1005.

Dohmen, T., Falk, A., Huffman, D., Sunde, U., Schupp, J., & Wagner, G. G. (2011). Individual risk attitudes: Measurement, determinants, and behavioral consequences. Journal of the European Economic Association, 9(3), 522–550.

Eigen, Zev J., Litwin, Adam Seth. 2014. Justice or just between us? Empirical evidence of the trade-off between procedural and interactional justice in workplace dispute resolution. Industrial and Labor Relations Review 67(1): 171–201.

Hasibuan, Malayu S.P., 2014, Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas, Bumi Aksara, Jakarta

Martoyo, Susilo, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta

Nambudiri, W., Cascio. R., 2010, Managing Human Resources: Productivity, Quality of Work Life, Profits, McGraw Hill, Higher Education, New Jersey.

Nitisemito, Alex, 2015, Manajemen Personalia, Ghalia Indonesia, Jakarta

Pribadiyono, 2002, Mengembangkan Kompetensi Individu Dan Daya Saing Organisasi Di Indonesia, Konferensi I APIO, Surabaya.

Rivai, Veithzal, 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori Ke Praktisi, Rajawali Press, Jakarta

Santoso, Singgih, 2012, Mengukur Sikap dan Kepuasan Konsumen, Penerbit: PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Umar, Husein, 2002, Evaluasi Kinerja Perusahaan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Winardi, 2007, Manajemen Perilaku Organisasi, Prenada Media, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32585/jbfe.v2i2.1845

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.