Peran Literasi Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pelaporan Keuangan UMKM di Desa Gagang Panjang

Authors

  • Igga Oktavia Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Dian Fahriani Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jbfe.v6i1.6553

Keywords:

Digital literacy, UMKM, financial reporting

Abstract

This study aims to determine the role of digital literacy in improving the quality of financial reporting for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Mbah Reco, Gagang Panjang Village, Luwung Hamlet. In this sophisticated era, mastery of digital information is an important key in business management, including in financial recording and reporting. The research method used is quantitative with interview techniques and direct surveys of MSMEs. The results of the study show that most MSMEs have understood and utilized digital media in their business operations, including the use of social media, marketplaces, and financial applications. However, there are still MSMEs who have difficulty in preparing financial reports systematically.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Az-Zahra, N. S. (2021, November). Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran UMKM. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 1, No. 1, pp. 77-88).

Dewi, K. H. (2022). Peran Literasi Digital dan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online.

Dharma, B., Hasibuan, R., & Wiranti, W. (2022). Analisis Penerapan Pencatatan Laporan Keuangan Pada UMKM (Studi Kasus: Emir Roti). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(3), 700-706.

Farina, K., & Opti, S. (2019). Kualitas laporan keuangan UMKM di wilayah Jakarta Timur. Jurnal Kesejahteraan Sosial, 6(01).

Mawarni, S. A., & Nuraini, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja Dan Kompetensi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan UMKM di Kota Bogor. JurnalIlmiah Akuntansi Kesatuan, 9(2), 441-450.

Nafis, M. A. A., Fahriani, D., Wicaksono, A., & Anwar, C. (2025). Pengaruh penawaran diskon dan kemudahan pembayaran terhadap peningkatan penjualan e-commerce. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 22(1), 17-26.

Parebong, A. B. (2024). Literature review: Strategi digital marketing dalam meningkatkan penjualan UMKM. Jurnal Interdisipliner Indonesia, 1(01), 17-24.

Putri, D. (2021). PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN AKUNTANSI TERHADAP KEANDALAN LAPORAN KEUANGAN (StudipadaKantorBPKADKotaPalopo) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Palopo).

Rahmawati, T., Febriyanto, F. C., & Erliana, E. (2024). Peranan Etika Bisnis Umkm Dalam Berinovasi. Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia SEAN (ABDIMAS SEAN), 2(02), 72-78.

Safari, M. D. E. T., Putri, P. A. N., & Ernayani, R. (2024). Pengaruh Implementasi Sistem Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Terhadap Kualitas Pelaporan Keuangan Publik. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(5), 3036-3040.

Sasmito, W. D., & Prestianto, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Dan Penerapan E-Commerce Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Semarang. JEMAP: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, dan Perpajakan, 4(1), 145-162.

Setiawati, E., Putri, E., & Devista, N. D. (2021). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, kepemilikan institusional, dan komite audit terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 56-67.

Syamsul, S. (2022). Analisis Pencatatan Dan Pelaporan Keuangan Umkm. Keunis, 10(1), 33-42.

Downloads

Published

2025-05-08

How to Cite

Igga Oktavia, & Dian Fahriani. (2025). Peran Literasi Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pelaporan Keuangan UMKM di Desa Gagang Panjang. Journal of Business, Finance, and Economics (JBFE), 6(1), 7–14. https://doi.org/10.32585/jbfe.v6i1.6553