Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa SMP

Authors

  • Istilah Winatun SMP N 1 Prambanan

DOI:

https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1346

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa keles VII A SMP Negeri 1 Prambanan tahun pelajaran 2019/ 2020 melalui model pembelajaran discovery learning. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Prambanan sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes untuk hasil belajar kognitif dan observasi untuk mengamati aktivitas belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Pada penelitian ini indikator kinerjanya adalah 85% dan siswa dapat mencapai nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning persentase ketuntasan hasil belajar IPA biologi siswa meningkat. Pada siklus I sebanyak 65,62%, siklus II sebanyak 81,25% dan pada siklus III 93,75%. Sedangkan untuk persentase aktivitas belajar biologi siswa juga meningkat pada setiap siklus, pada siklus I sebesar 59,37%, pada siklus II sebesar 65,62% dan pada siklus III 81,25%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Prambanan tahun pelajaran 2019/ 2020.

Author Biography

Istilah Winatun, SMP N 1 Prambanan

SMP N 1 Prambanan

References

Apsita, D. N., Wiharti, T., & Suwarto, S. (2019). Peningkatan Aktivitas dan hasil Belajar Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Xl MIPA 1 SMA Negeri 1 Tawangsari. Journal of Biology Learning, 1(2).

Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita, Y. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi biologi siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5-9.

Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Journal of Biology Learning, 3(1), 25-33.

Dewi, E. H. P., Akbari, S., & Nugroho, A. A. (2019). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui model problem based learning (PBL) pada materi pencemaran lingkungan siswa kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of Biology Learning, 1(1).

Rahmadani & Jalaludin (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasill Belajar biologi melalui media gambar. Jurnal Biology Education, 8(2), 62-73.

Sulistiyaningih, S. (2019). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA bagi Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Jenar. Journal of Biology Learning, 1(2).

Sumiati, A. (2009). Metode pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Syah, Muhibbin. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Yana, R. L., & Nirmalasari, R. (2021). Penerapan model problem based learning secara daring terhadap keaktifan dan prestasi belajar biologi peserta didik. Journal of Biology Learning, 3(1), 18-24

Published

2021-09-30

How to Cite

Winatun, I. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa SMP. Journal of Biology Learning, 3(2), 104–111. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1346