Studi Literatur Peningkatan Kemampuan Analisis Siswa Melalui Model PBL Pada Pembelajaran IPA Biologi

Authors

  • Hilda Zulfi Maulidya Universitas Ahmad Dahlan
  • Nani Aprilia Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Yahya Hanafi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1526

Keywords:

Kemampuan analisis, Studi literatur, PBL

Abstract

Penelitian studi literatur ini bertujuan untuk mengkaji berbagai literatur tentang model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa. Kajian literatur yang dilakukan bahwa model PBL (Problem based learning)  dapat meningkatkan kemampuan analisis. Penelitian studi literature menggunakan desain penelitian narrative review. Artikel ilmiah yang digunakan sebanyak 17 artikel yang berasal dari jurnal internasional, jurnal nasional. Kriteria validasi artikel ilmiah meliputi kriteria kredibilitas sumber, kualitas metodologi riset, kualitas penyajian data dan pembahasan, kecukupan data, kemutakhiran 10 tahun terakhir. Teknik penyajian data dalam bentuk tabel. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian studi literatur menunjukkan bahwa model PBL  terutama yang dikombinasikan dengan mind map dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa sekolah menengah pada pembelajaran biologi. Sintaks model pembelajaran PBL yang dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa  meliputi mengorientasikan siswa pada masalah, membantu siswa untuk investigasi mandiri dan kelompok, menganalisis dan mengevaluasi proses.

Author Biographies

Hilda Zulfi Maulidya, Universitas Ahmad Dahlan

Prodi Pendidikan Biologi

Nani Aprilia, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Dosen Prodi Pendidikan Biologi

Yahya Hanafi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Dosen Prodi Pendidikan Biologi

References

A’la. (2010). Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva Press.

Afisha, H. M. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berargumentasi dan Hasil belajar Siswa. Artikel Ilmiah.

Arnold, R. D., & Wade, J. P. (2015). A definition of systems thinking: A systems approach. Procedia Computer Science, 44, 669–678. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.03.050

Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263

Chris Hart. (2018). Doing a literature review. In 2nd Edition. UK: SAGE PUBLICATIONS.

Dewi, E. H. P., Akbari, S., & Nugroho, A. A. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of Biology Learning, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.32585/.v1i1.251

Dini, A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Kemampuan Menganalisis Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kuningan Pada Materi Kingdom Animalia. Skripsi Pendidikan Biologi Universitas Kuningan.

Jauhar, M. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contextual Teaching & Learning). Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Marini MR. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Dengan Gaya Belajar Tipe Investigasi Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Artikel Ilmiah, 1–10.

Nurhidayat. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Aktivitas dan Penguasaan Konsep Pada Pokok Bahasan Archaebacteria dan Eubancteria Siswa Kelas X SMAN 2 Bantul. Skripsi Pendidikan Biologi UIN SUKA.

Rahmawati, Achmad Amirudin, J. P. B. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa SMA.

Sulistiyaningih, S. (2019). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA bagi Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Jenar. Journal of Biology Learning, 1(2), 71–77. https://doi.org/10.32585/.v1i2.391

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kostruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

U.Maghfiroh, S. (2011). Penerapan Pembelajaran Fisika Bervisis Sets Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7, 6–12.

Zed. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor.

Published

2021-09-01

How to Cite

Maulidya, H. Z., Aprilia, N., & Hanafi, Y. (2021). Studi Literatur Peningkatan Kemampuan Analisis Siswa Melalui Model PBL Pada Pembelajaran IPA Biologi. Journal of Biology Learning, 3(2), 55–64. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1526