Penerapan Model PPD (Paper, Presentation, Drawing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Sains STKIP PGRI Nganjuk Pada Materi Biologi Dasar I

Authors

  • Purwo Adi Nugroho Program Studi Pendidikan Sains, STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v1i2.387

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Sains STKIP PGRI Nganjuk pada mata kuliah Biologi Dasar I.  Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan sumber data dukung yang didapatkan berupa hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan atau analisis data menggunakan model triangulasi data. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan menggunakan metode yang sama yaitu PPD (Paper, Presentation, Drawing) dimana dalam pengaplilasiannya yaitu penilaian pada Paper yang dibuat, Presentation yang mereka tampilkan, dan Drawing yaitu dimana setiap kelompok akan dinilai kreatifitasnya dalam menggambar. Pada siklus I, II, dan III pada pembuatan Paper (71,67%; 76,67%; dan 85,33%), pada siklus I, II, dan III pada pelaksanaan Presentation (73,36%; 75,45%; dan 81%), serta pada pembuatan Drawing (77%; 81%; dan 86,67%). Hasil dari penilaian Paper, Presentation, and Drawing digunakan sebagai nilai dari hasil belajar mahasiswa.

Author Biography

Purwo Adi Nugroho, Program Studi Pendidikan Sains, STKIP PGRI Nganjuk

Dosen Program Studi Pendidikan Sains, STKIP PGRI Nganjuk

References

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, E. H. P., Akbari, S., & Nugroho, A. A. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of Biology Learning, 1(1).

Mundilarto. (2013). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Sains. Yogyakarta: UNY. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1436

Saiful Haq. (2008). Jurus-jurus Menggambar & Mewarnai dari Nol. Yogyakarta: Mitra Barokah Abadi Press.Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumanto. (2006). Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sutopo, H.B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI) Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi https://sipuu.setkab.go.id/PUUdoc/17624/UU0122012_Full.pdf

Zubaidah, Siti. (2011). Pembelajaran Sains (IPA) Sebagai Wahana Pendidikan Karakter. Malang: UM.

Published

2019-10-01

How to Cite

Nugroho, P. A. (2019). Penerapan Model PPD (Paper, Presentation, Drawing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Sains STKIP PGRI Nganjuk Pada Materi Biologi Dasar I. Journal of Biology Learning, 1(2). https://doi.org/10.32585/.v1i2.387