Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA bagi Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Jenar

Authors

  • Sulistiyaningih Sulistiyaningih SMP Negeri 2 Jenar, Sragen, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v1i2.391

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat empat tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Jenar sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Teknik analisis data adalah deskriptif komparatif. Indikator kinerja penelitian ini adalah tercapainya aktivitas belajar sebesar 80% dan hasil belajar  sebesar 80% dan siswa dapat mencapai nilai KKM 74. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan PBL persentase aktivitas belajar IPA siswa meningkat, pada siklus I sebesar 71%, siklus II 87%. Persentase ketuntasan hasil belajar IPA siswa juga meningkat. Pada siklus I sebanyak 79,17%, siklus II 91,66%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi zat aditif bagi siswa kelas VIII A  SMP Negeri 2 Jenar Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2018/2019.

Author Biography

Sulistiyaningih Sulistiyaningih, SMP Negeri 2 Jenar, Sragen, Jawa Tengah

Guru di SMP Negeri 2 Jenar, Sragen, Jawa Tengah

References

Amir, M. Taufik.(2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Media Group

Dewi, E. H. P., Akbari, S., & Nugroho, A. A. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of Biology Learning, 1(1).

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: RefikaAditama.

Rusman. (2014) .Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta :RajawaliPers

Sani, Ridwan Abdullah. (2015). Inovasi Pembelajaran.Jakarta :BumiAksara

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Wulansari, B., Hanik, N. R., & Nugroho, A. A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tawangsari. Journal of Biology Learning, 1(1).

Published

2019-09-30

How to Cite

Sulistiyaningih, S. (2019). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA bagi Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Jenar. Journal of Biology Learning, 1(2). https://doi.org/10.32585/.v1i2.391