Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Konsep Keanekaragaman Hayati Menggunakan Model Inkuiri

Authors

  • Wiwin Febrianti FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Aseptianova Aseptianova FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Tutik Fitri Wijayanti FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v1i2.527

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar Kognitif siswa. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non equivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas X SMAN 4 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes pilihan ganda yang berjumlah 24 soal untuk menilai kemampuan kognitif siswa. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menyatakan pada kelas eksperimen dengan (? = 0,05) didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan model inkuiri terbimbing memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati kelas X di SMA Negeri 4 Palembang.

Kata Kunci: lingkungan sekolah, sumber belajar, inkuiri terbimbing, hasil belajar.

Author Biographies

Wiwin Febrianti, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang

FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang

Aseptianova Aseptianova, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang

FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang

Tutik Fitri Wijayanti, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang

FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang

References

Anni, C.T. (2006). Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.

Brahim, T.K. (2007). Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Melalui Pendekatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Penabur, (9), 37-49.

Dewi, N.L., Dantes, N., & Sadia, I.W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, (3).

Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Istiani, R.M., & Retnoningsih, A. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Menggunakan Metode Post To Post pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Unnes Journal Of Biology Education, 4 (1), 70-80.

Kemdikbud. (2017). (Rekap Hasil Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah). (Online). (https://puspendik.kemdikbud.go.id/ hasil-un/). Diakses pada Rabu, 15 November 2017.

Kurniawan, A.D. (2013). Metode Inkuiri Terbimbing dalam Pembuatan Media Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Pemanfaatan Konsep dan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2 (1).

Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3 (1), 28-35.

Nugroho, A. A., & Hanik, N. R. (2016). Implementasi Outdoor Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Sistematika Tumbuhan Tinggi. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 41-44.

Pantiwati, Y. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar dalam Lesson Study untuk Meningkatkan Metakognitif. Jurnal Bioedukatika, 3 (1), 27-32.

Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011). Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7, 106-110.

Ramawati, I., Maryani, E., & dan Mulyana, A. (2016). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis. Jurnal Pendidikan Geografi, 16 (1), 66-87.

Sandi, T. (2015). Hasil Belajar Kimia Melalui Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Nalar Pendidikan. 3 (1), 205-211.

Setiawan, I.G.A.N. (2008). Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X2 SMA Laboratorium Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Pendidikaan, 2 (1), 42-59.

Sjukur, S.B. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi dan hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2 (3), 368-378

Published

2019-09-30

How to Cite

Febrianti, W., Aseptianova, A., & Wijayanti, T. F. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Konsep Keanekaragaman Hayati Menggunakan Model Inkuiri. Journal of Biology Learning, 1(2). https://doi.org/10.32585/.v1i2.527