PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS II SD NEGERI CANDI II TAHUN AJARAN 2020/ 2021

Authors

  • Rico Dedi Setiawan
  • Mukti Widayati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Tutik Wahyuni Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

Hasil Belajar, Pendekatan Scientific, Video Pembelajaran

Abstract

Seiring dengan perkembangan sistem pendidikan di Indonesia seorang guru dituntut mampu mengembangkan wawasan serta kreatif. Sebagai fasilitator guru harus mampu berkreasi dan memiliki berbagai strategi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Strategi mengajar merupakan cara agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara maksimal. Namun kenyataan di lapangan tidak semulus yang telah direncanakan Kenyataannya banyak siswa yang tidak dapat menguasai materi pelajaran, terutama mata pelajaran Tematik masih banyak anak yang nilai ulangan di bawah KKM (KKM 75). Tujuan dilakukannyan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan untuk Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Scientific dan Media Video Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II SD Negeri Candi II Tahun Ajaran 2020/ 2021. Mendiskripsikan penggunaan pendekatan Scientific dan media video pembelajaran pada pembelajaran tematik. Prosedur penelitian tindakan kelas yang digunakan mengacu pada metodologi action research, yaitu(1) perencanaan,(2) implementasi tindakan,(3) pengamatan dan evaluasi,(4) refleksi, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan tabel dan diagram di atas, dapat diketahui bahwa hasil belajar tematik siswa kelas II SD N Candi II Karangmojo mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Nilai rata-rata pada pra siklus 71,07 meningkat 15% menjadi 76,,67 pada siklus I. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat 20% menjadi 88. Presentase siswa yang memenuhi KKM pada pra siklus 40% atau 4 dari 10 siswa. Pada siklus I, presentase siswa yang memenuhi KKM sebesar 60% atau 6 dari 10 siswa. Pada siklus II, presentase siswa yang memenuhi KKM sebesar 100% atau 10 dari 10 siswa. Jika dilihat dari hasil observasi dari setiap siklusnya selalu meningkat. saran yang diberikan peneliti antara lain untuk hasil belajar siswa, guru diharapkan dapat menggunakan pendekatan scientific dan media video pembelajaran. Bagi sekolah diharapkan dapat lebih mendukung proses pembelajaran dengan menyediakan fasilitas pendukung yang dapat digunakan untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran.

Downloads

Published

2021-03-19

Issue

Section

Artikel