PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IIA SDN BERBAH 2 KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Nur Alfii Anna SDN Berbah 2 Sleman
  • Mukti Widayati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Dewi Susilowati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Toni Harsan Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

penerapan model picture and picture dalam pembelajaran PPKn

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan  untuk memperbaiki mutu praktik proses pembelajaran yang belum optimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar PPKn bagi siswa kelas II SDN Berbah 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN Berbah 2 dalam dua siklus tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data ini berupa observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal post test. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PPKn siswa kelas II SDN Berbah 2. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar siswa pada siklus I 64,29% dan siklus II 96,43%, sehingga peningkatannya sebesar 32,14%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar PPKn bagi siswa kelas II SDN Berbah 2.

Downloads

Published

2021-03-19

Issue

Section

Artikel