UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA TEMA 5 PAHLAWANKU SUBTEMA 1 JASA PARA PAHLAWAN KELAS IV SEMESTER 1 SD NEGERI CABEAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Tantriana Susilowati SDN Cabean Kapanewon Lendah, Kulon Progo
  • Sri Muryati Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan pengembangaan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas IV Semester 1 Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Jasa Para Pahlawan 2 di SD Negeri Cabean. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Cabean Tahun 2020/2021 yang berjumlah 18 siswa dengan rincian 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. penggunaan model Problem based learning pada siswa kelas IV SD Negeri Cabean Kapanewon Lendah Kabupaten Kulon Progo pada semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan data sebagai berikut. Pada siklus kesatu rata- rata hasil belajar siswa adalah 80 sedangkan pada siklus kedua rata- rata hasil belajar siswa adalah 87 berarti mengalami kenaikan sekitar 7 poin. Saran untuk pelaksanaan PBL agar dapat dikombinasikan dengan metode atau strategi lainnya agar pembelajaran lebih mudah dipahami siswa dan menyenangkan bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-19

Issue

Section

Artikel