NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY
DOI:
https://doi.org/10.32585/klitika.v3i1.1059Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel “Cinta Suci Zahrana” karya habiburrahman El Shirazy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode simak dengan teknik pencatatan. Analisis data dilakukan menggunakan model pembacaan heuristik dan pembacaan hermenutik. Penyajian hasil analisis menggunakan penyajian informal. Hasil temuan novel “Cinta Suci Zahrana” karya Habiburrahman EL Shirazy menunjukkan di dalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan diantaranya nilai agama, nilai moral, nilai sosial, dan nilai budaya. Nilai agama terdapat enam aspek yaitu taat dalam beribadah, berdoa, bersabar, berdzikir, bersikap husnudzon kepada Allah, dan bersyukur kepada Allah. Nilai moral terdapat empat aspek yaitu berbakti kepada kedua orang tua, memuliakan tamu, memiliki rasa malu, dan sikap rendah hati. Nilai sosial memiliki tiga aspek yaitu tidak adanya deskriminasi, adanya dukungan dari seorang sahabat, dan sifat dermawan. Nilai budaya memiliki empat aspek yaitu percaya diri, mandiri, optimis, dan ikhtiar.Downloads
References
El-Shirazy, Habiburrahman. 2011. Cinta Suci Zahrana. Jakarta Selatan: Ihwah Publishing House.
Kanzunnudin, Mohammad. 2017. “Menggali Nilai dan Fungsi Cerita Rakyat ‘Sultan Hadirin dan Masjid Wali At-Taqwa’ Loram Kulon Kudus”. Kredo. Vol. 1. No. 1. Hlm. 1-16.
Mainun. 2015. “Analisis Nilai Pendidikan Novel ‘Jiwa Di Titik Nol’ Karya Habib Hidayat sebagai Bahan.
Ajar Pembelajaran Novel Di SMP”. Skripsi. Mataram: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.
Nurkholis. 2013. “Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi”. Jurnal Kependidikan. Vol. 1. No. 1. Hlm. 24-44.
Octaviana, Dwi Warry. 2018. “Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel ‘Uhibbuka Fillah (Aku Mencintaimu karena Allah)’ Karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum”. KATA. Vol. 2. Nomor 2. Hlm. 182-191.
Pradopo, R.D. 2011. Prinsip-prinsip Kritik Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Salahuddin, Anas. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Salfia, Nining. 2015. “Nilai Moral dalam Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro”. Jurnal Humanika, Volume 3, No. 15.
Saputri, Lintang Cahyu dan Yoyoh Nur Laeliyah. 2020. Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. Jurnal Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahsa dan Sastra Indonesia. Vol. 2. Nomor 2 tahun 2020 halm 88-101. http://Journal.univetbantara.ac.id/index.php/klitika/article/view/808
Septiana, Husnul dan Siti Isnaniah. 2020. Kajian Struktural dan Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Hayya karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas. Jurnal Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahsa dan Sastra Indonesia. Vol. 2. Nomor 1 tahun 2020 halm 11-34.
http://Journal.univetbantara.ac.id/index.php/klitika/article/view/808
Sumardjo, Jakob dan Saini K.M. 1986. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.