NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

Authors

  • Nuroini Najmiya Nafisa

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v3i1.1059

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel “Cinta Suci Zahrana” karya habiburrahman El Shirazy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan  menggunakan metode simak dengan teknik pencatatan. Analisis data dilakukan menggunakan model pembacaan heuristik dan pembacaan hermenutik. Penyajian hasil analisis menggunakan penyajian informal. Hasil temuan novel “Cinta Suci Zahrana” karya Habiburrahman EL Shirazy menunjukkan di dalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan diantaranya nilai agama, nilai moral, nilai sosial, dan nilai budaya. Nilai agama terdapat enam aspek yaitu taat dalam beribadah, berdoa, bersabar, berdzikir, bersikap husnudzon kepada Allah, dan bersyukur kepada Allah. Nilai moral terdapat empat aspek yaitu berbakti kepada kedua orang tua, memuliakan tamu, memiliki rasa malu, dan sikap rendah hati. Nilai sosial memiliki tiga aspek yaitu tidak adanya deskriminasi, adanya dukungan dari seorang sahabat, dan sifat dermawan. Nilai budaya memiliki empat aspek yaitu percaya diri, mandiri, optimis, dan ikhtiar.

References

El-Shirazy, Habiburrahman. 2011. Cinta Suci Zahrana. Jakarta Selatan: Ihwah Publishing House.

Kanzunnudin, Mohammad. 2017. “Menggali Nilai dan Fungsi Cerita Rakyat ‘Sultan Hadirin dan Masjid Wali At-Taqwa’ Loram Kulon Kudus”. Kredo. Vol. 1. No. 1. Hlm. 1-16.

Mainun. 2015. “Analisis Nilai Pendidikan Novel ‘Jiwa Di Titik Nol’ Karya Habib Hidayat sebagai Bahan.

Ajar Pembelajaran Novel Di SMP”. Skripsi. Mataram: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.

Nurkholis. 2013. “Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi”. Jurnal Kependidikan. Vol. 1. No. 1. Hlm. 24-44.

Octaviana, Dwi Warry. 2018. “Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel ‘Uhibbuka Fillah (Aku Mencintaimu karena Allah)’ Karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum”. KATA. Vol. 2. Nomor 2. Hlm. 182-191.

Pradopo, R.D. 2011. Prinsip-prinsip Kritik Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salahuddin, Anas. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Salfia, Nining. 2015. “Nilai Moral dalam Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro”. Jurnal Humanika, Volume 3, No. 15.

Saputri, Lintang Cahyu dan Yoyoh Nur Laeliyah. 2020. Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. Jurnal Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahsa dan Sastra Indonesia. Vol. 2. Nomor 2 tahun 2020 halm 88-101. http://Journal.univetbantara.ac.id/index.php/klitika/article/view/808

Septiana, Husnul dan Siti Isnaniah. 2020. Kajian Struktural dan Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Hayya karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas. Jurnal Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahsa dan Sastra Indonesia. Vol. 2. Nomor 1 tahun 2020 halm 11-34.

http://Journal.univetbantara.ac.id/index.php/klitika/article/view/808

Sumardjo, Jakob dan Saini K.M. 1986. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2021-04-05

Issue

Section

Artikel