Pembelajaran Sastra melalui Analisis Strukturalisme “Cerita Pohon Pukul Lima” Karya An Ismanto
DOI:
https://doi.org/10.32585/klitika.v3i1.1268Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur-unsur strukturalis cerpen yang berjudul Cerita Pohon Pukul Lima karya An Ismanto. Cerpen mengandung unsur-unsur seperti peristiwa, plot, tema, tokoh, latar, sudut pandang dan lain-lain. Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kualitatif. Mmelalui teknik baca, analisis, dan catat berdasarkan struktur cerpen, serta bagaimana implementasinya pada pembelajaran program belajar paket B.
Hasil penelitian memaparkan berbagai unsur instrinsik dalam cerpen Cerita Pohon Pukul Lima. Mulai dari unsur tokoh yang terlibat, penokohan, setting tempat dan waktu, serta alur peristiwa yang terjadi. Mengacu pada hasil analisis strukturalis cerpen tersebut, hasil analisis teks digunakan untuk pembelajaran siswa program belajar paket B. implementasi pembelajaran sastra melalui analisis strukturalisme cerpen memberikan gambaran kepada siswa dalam memahami karakter tokoh, penokohan, dan mengambil nilai pendidikan yang ada di dalamnya. Melalui pembelajaran analisis ini siswa program belajar paket B dapat mengambil sisi positif dari isi cerpen Cerita Pohon Pukul Lima.
Downloads
References
Ahmadi, Y., & Kartiwi, Y. M. (2020). “Strukturalisme Genetik Cerpen “Penulis Biografi” Karya Bode Riswandi”. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 9(2), 155-163.
Akbar, V. K. (2020). “Strukturalisme Dalam Kumpulan Cerpen Nasib Seorang Penebang Kayu Dan Kisahb Lainnya Karya Soesilo Toer”. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 1-16.
Lastari, A. (2017). “Pandangan dunia pengarang dalam kumpulan puisi Blues untuk Bonnie karya Rendra (Kajian Strukturalisme Genetik)”. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 63-79.
Mahendra, M. I., & Womal, A. (2018). “Tema Sebagai Unsur Intrinsik Karya Fiksi”.
Muliadi, M. (2020). “Buku Ajar Telaah Prosa (sebuah Terapan)-Muliadi”. De la Macca.
Nurgiyantoro, B. (2018). “Teori pengkajian fiksi”. UGM press.
Samaran, P. D., Amrizal, A., & Lubis, B. (2018). “Analisis Struktural Novel O Karya Eka Kurniawan”. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 310-316.
Sapdiani, R., Maesaroh, I., Pirmansyah, P., & Firmansyah, D. (2018). “Analisis Struktural dan Nilai Moral dalam Cerpen “Kembang Gunung Kapur” Karya Hasta Indriyana”. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 101-114.
Untari, E. “Analisis Struktural Cerpen “Pangeran Bahagia” Karya Oscar Wilde Dan Implementasinya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar Skripsi”.
Yulianti, P., & Asriningsari, A. (2020). “Strukturalisme Dalam Cerpen “Aku Tak Ingin Kacamata, Aku Hanya Ingin Mati, Tuhan” Karya Ranang Aji Sp”. TEKS, 5(2), 51-60.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.