ANALISIS KESALAHAN PLEONASME DAN KONTAMINASI PADA KARANGAN DESKRIPTIF SISWA SMA NEGERI I CEPOGO

Siti Maesaroh

Abstract


Kesalahan Berbahasa Pleonasme dan Kontaminasi pada Karangan Deskriptif Siswa SMA Negeri 1 Cepogo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa pada karangan deskriptif siswa SMA Negeri 1 Cepogo yang disebabkan oleh pleonasme dan kontaminasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan strategi tunggal terpancang. Subjek penelitiannya adalah siswa SMA Negeri 1 Cepogo, sedangkan objek penelitiannya kesalahan karena pleonasme dan kontaminasi pada karangan deskriptif  siswa SMA Negeri 1  Cepogo. Sumber datanya berasal dari data primer. Teknik pengumpulan data dengan teknik simak dan catat. Metode dan teknik analisis datanya menggunakan padan dan agih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menulis karangan deskriptif siswa SMA Negeri 1 Cepogo masih mengalami kesalahan berbahasa bidang morfologi yang mencakup pleonasme dan kontaminasi. Kesalahan pleonasme meliputi kesalahan penggunaan dua kata yang memiliki makna sama, bentuk jamak yang diikuti kata ulang, penggunaan bentuk superlatif, kesalahan berbentuk sinonim, dan penggunaan kata penghubung namun demikian. Sedangkan kesalahan kontaminasi meliputi kesalahan dalam mencampuradukkan dua jenis imbuhan dan mencampuradukkan imbuhan dan kata ulang.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anjarsari, Nurvita, Sarwiji Suwandi, dan Slamet Mulyono. 2013. “Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karangan Mahasiswa Penutur Bahasa Asing di Universitas Sebelas Maret.” BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 2 Nomor 1, April 2013, ISSN I2302-6405. Diakses 2 Desember 2020.

Arifin, Zaenal dan Farid Hadi. 2001. 1001 Kesalahan Berbahasa. Jakarta:Akademika Pressindo.

Harisal. 2015. “Analisis Kesalahan dalam Karangan Bahasa Jepang Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Hasanuddin.” http://www.unhas.blogspot.com/2015/02/analisis-kesalahan-karangan-bahasa-jepang.html. Diakses tanggal 14 November 2020.

Markhamah dan Atiqa Sabardila. 2011. Analisis Kesalahan dan Karakteristik Bentuk Pasif. Surakarta:Jagat Abjad.

Muslich, Masnur.2008. Tata Bentuk Bahasa Indonesia. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Priyono, Yakub. 2012. “Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi pada Mading di Universitas Muhammadiyah Surakarta”. http://eprints.ums.ac.id/21049/15/JURNAL_ILMIAH.pdf. Diakses tanggal 14 November 2020.

Rohmadi, Muhammad, Yakub Nasucha, dan Agus Budi Wahyudi. 2010. Morfologi:Telaah Morfem dan Kata. Surakarta: Yuma Pustaka

Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta:Yuma Pustaka.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta:Duta Wacana Universitas Press.

Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta:Sebelas Maret University Press.




DOI: https://doi.org/10.32585/klitika.v3i1.1277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Maesaroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
P-ISSN: 2716-1374 | E-ISSN: 2714-9862
Universitas Veteran Bangun Nusantara
Jl. Letjen. S. Humardani No. 1 Jombor, Sukoharjo, Central Java, Indonesia

View Klitika Stats