Teori Superioritas Alfred Aldler dalam Tokoh Utama Laki-laki di Novel Hujan Karya Tere Liye

Authors

  • dwi nurcahyani Universitas PGRI Madiun
  • lulus irawati Universitas PGRI Madiun
  • dwi rohman soleh Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v3i2.1593

Keywords:

Superioritas, Alfred Aldler, Hujan, Tere Liye

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan   superioritas tokoh utama yang diperankan oleh seorang laki-laki dalam novel Hujan karya Tere Liye. Berdasarkan permasalahan yang telah ditetapkan, metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini data yang akan dikumpulkan yaitu superioritas seorang tokoh utama laki-laki. Sumber data dalam penelitian ini adalah Novel Hujan, Karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kepustakaan, baca, dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian  dapat disimpukan bahwa Konsep Alfred Aldler dalam tokoh utama laki-laki di novel hujan karya Tere Liye menunjukkan adanya dua bidang superioritas dalam bidang sosial dan teknologi.

References

Eagleton, T. 2010. Teori sastra sebuah pengantar. Yogyakarta: Jalasutra.

Eka. 2018. Belenggu jiwa kajian psikologi sastra novel pulang karya Leila S. Chudori. Jurnal pendidikan bahasa Indonesia, 2 (3). (https://ojs.unud.ac.id/index.php/ejl/article/view/27418).

I Wayan, dkk. 2019. Psikologi tokoh dalam novel Suti karya Sapardi Djoko Damono analisis psikologi sastra. Jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, 3 (3). (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/21844).

Juna. 2015. Analisis sosiologi sastra terhadap novel 5 CM karya Dhony Dirgantoro. jurnal sastra Indonesia, 2 (3). (https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/9026).

Lina. 2014. Kajian psikologi sastra dan Nilai karakter novel 9 dari Nadira. (https://www.neliti.com/id/publications/53934/kajian-psikologi-sastra-dan-nilai-karakter-novel-9-dari-nadira-karya-leila-s-chu).

Liye,T. 2017. Hujan. Jakarta. Gramedia pustaka utama.

Minderop, A. 2011. Psikologi Sastra. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor.

Nurgiyantoro, B. 2010. Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Sobur, A. 2010. Psikologi umum. Bandung. Pustaka Setia.

Soleh, Dwi Rohman. 2016. Etika Jawa Dalam Novel La Grande Borne Karya N.H. Dini. Jurnal Widyabastra, Vol. 4., No.2.

Soleh, Dwi Rohman. 2020. Pembelajaran Sastra Lisan Berbasis Soft Skill dalam Penerapan Literasi Digital. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.

Wilcox, L. 2018. Psikologi kepribadian. Terjemahan oleh Kumalahadi 2018. Yogyakarta. IRCiSOD.

Downloads

Published

2022-01-19

Issue

Section

Artikel