Pelaksanaan Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 4 Magetan

Authors

  • Erwin Yusniar Sunu, Bambang Eko Hari Cahyono, Sigit Ricahyono Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v3i2.1595

Keywords:

Penilaian, Autentik, Bahasa Indonesia, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 4 Magetan di masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 4 Magetan Di Masa Pandemi Covid-19. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sehingga observasi digunakan dalam penelitian ini untuk melihat dan mengamati secara langsung objek penelitian, sehingga peneliti mampu mencatat dan menghimpun data yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh responden menggunakan berbagai variasi penilaian pembelajaran berbasis penilaian autentik sesuai dengan target kurikulum 2013. Dari seluruh responden variasi penilaian yang digunakan terdapat persamaan tehnik, hal ini dikarenakan seluruh proses pembelajaran yang dilaksanakan sudah terstandarisasi melalui kegiatan MGMPS

References

Abdul Majid. (2014). Penilaian Autentik: Proses Dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdullah Sani, Ridwan. (2019). Penilaian Autentik.Jakarta: Bumi Aksara

Djam’an, Satori, dkk, (2007). Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ediawati, Arista., Sudiana, I Nym., Wisudariani, Ni Md Rai. (2016). Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Menulis Teks Ulasan di Kelas VIIIA9 SMP Negeri 1 Singaraja. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 5 No. 3

Firman, Rahman, Sari Rahayu. (2020) Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), Volume 02, No 02 (Diunduh 04 Juli 2020).

https://covid19.go.id/p/berita/dki-jakarta-sumbang-kesembuhan-harian-terbanyak (Diunduh 08 Agustus 2020, Pukul 20.00)

Kartowagiran, Badrun., Jaedun,Amat.(2016) Model Asesmen Autentik Untuk Menilai Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP): Implementasi Asesmen autentik di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, No 2, 131-141, (Online: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep, diunduh 26 Juni 2020)

Khasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun., Pramudibyanto, Hascaryo., Widuroyekti, Barokah. (2020) Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, Vol. 10, No.1. Hlm 41 – 48 (Https:// sinestesia.pustaka.my.id/journal/article.view/44.Diunduh 04 Juli 2020)

Lili Absari, I Gusti Ayu Komang., Sudiana, Nyoman., Wendra, I Wayan., (2015). Penilaian Autentik Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Menulis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Singaraja. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 3 No. 1

Marhaeni, A.A.I.N., Artini, L. P. (2015) Asesmen Autentik Dan Pendidikan Bermakna: Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 4, No.1.

Muchtar, Hartati. (2010) Penerapan Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur No 14 Tahun Ke 9 Hlm 68-76. (diunduh 26 Juni 2020)

Mulyasa, E, 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. (2008) Penilaian Otentik. Cakrawala Pendidikan, November, Th. XXVII, No. 3

___________,(2004). Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. DIKSI Volume 11 No 1 Hlm 91-116. (diunduh 26 Juni 2020).

___________,Suyata, Pujiati.(2011). Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa. LITERA, Volume 10, Nomor 2.

Nurtanto, Muhammad. ( ). Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Menyiapkan Pembelajaran Yang Bermutu. Makalah merupakan Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. (diunduh 26 Juni 2020)

Peraturan PemerintahNomor 19 Tahun 2005, Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pujilestari, Yulita. (2020) Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan, Vol. 4, No. 1(Diunduh 04 Juli 2020).

Purwanto, Agus., Pramono, Rudy., Asbari, Masduki., Santoso, Priyono Budi., Wijayanti, Laksmi Mayesti., Hyun, Choi Chi., Putri, Ratna Setyowati. (2020) Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Edu Psy Couns Journal (Journal of Education, Psychology, and Counseling Vol 2 Nomor 1 Hlm 1-12 (Diunduh 04 Juli 2020).

Saudagar, Fachruddin, dk, 2009. Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Soleh, Dwi Rohman. 2016. Etika Jawa Dalam Novel La Grande Borne Karya N.H. Dini. Jurnal Widyabastra, Vol. 4., No.2.

Soleh, Dwi Rohman. 2020. Pembelajaran Sastra Lisan Berbasis Soft Skill dalam Penerapan Literasi Digital. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-undang Nomor14 Tahun 2005tentang Guru dan Dosen

Wahyuni, Sri. (2010) Pengembangan Model Asesmen Otentik dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Lisan Di Sekolah Menengah Atas (SMA). LITERA, Volume 9, Nomor 1.

Zahrok,Siti. (2009). Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Sosial Humaniorah, Vol 2 No.2. (diunduh 26 Juni 2020)

Downloads

Published

2022-01-19

Issue

Section

Artikel