Problematika Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Purwanti, Dwi Setiyadi, Lulus Irawati Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v3i2.1596

Keywords:

Problematika, Literasi, Sekolah, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah yang terjadi dalam implementasi  program gerakan literasi sekolah di masa pandemi covid-19 melalui  pembiasaan membaca. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi informan (narasumber), peristiwa, serta dokumen atau arsip. Tempat penelitian pada SDN 1 Tegalombo Kecamata Kauman Kabupaten Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program gerakan literasi sekolah melalui pembiasaan membaca pada peserta didik SDN 1 Tegalombo di masa pandemi covid-19 tidak bisa berjalan secara baik karena banyak mengalami kendala, sehingga hasil yang diperoleh tidak maksimal sebagaimana sebelum wabah terjadi. Dalam program ini mau tidak mau peserta didik, orang tua dan pendidik harus belajar dan melek IT. Banyaknya masalah yang terjadi dalam implementasi program pembiasaan membaca pada SDN 1 Tegalombo dimasa pandemi Covid-19 tersebut tidak hanya karena faktor SDM saja tetapi karena faktor SDA juga

References

Agus Purwanto dkk (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal:Journal of EducationPsichology and Counseling, 2(1), 2716-4446.

Budiharto dkk.(2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Social, Budaya Dan Kependidikan, 5(01).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1989 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Balai Pustaka.

Endaryanta. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sd Kristen Kalam Kudus dan Sd Muhammadiyah Suronatan. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta. Program Studi Kebijakan Pendidikan.

Ernawati.(2017). Reading Day ( One Book One Person) Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Perwujudan Budaya Baca di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe. Jurnal Perpustakaan Sunan Kalijaga, 9(1):13-20.

Heru Susanto. (2016). Membangun Budaya Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era MEA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1):12-16.

Kemendikbud.(2015).PeraturanMenteriPendidikandanKebudayaanRepublikIndonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Kemdikbud. (2020). Surat edaran

Soleh, Dwi Rohman. 2016. Etika Jawa Dalam Novel La Grande Borne Karya N.H. Dini. Jurnal Widyabastra, Vol. 4., No.2.

Soleh, Dwi Rohman. 2020. Pembelajaran Sastra Lisan Berbasis Soft Skill dalam Penerapan Literasi Digital. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.

Sri A. & Bambang EHC.(2017). Gerakan Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Budaya Baca Di SMA Negeri 1 Geger. Linguista, 1(2), 55 – 62.

Wahyu Aji FD,(2020), Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1).

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Artikel