Problematik Proses Pembelajaran Teks Persuasi Kelas VIII D SMP Negeri 7 Kota Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Fitra Edi Susanto Universitas Jambi
  • Agus Setyonegoro Universitas Jambi
  • Hilman Yusra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v5i2.2583

Keywords:

Problematik, Pembelajaran, Teks Persuasi.

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam kemajuan bangsa pendidik, peserta didik sehingga pendidikan dijadikan acuan dalam perkembangan kemajuan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Problematik pembelajaran teks persuasi. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian Fenomenologi. Penelitian ini mendeskripsikan penelitian problematik dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Kota Jambi dengan menggunakan jenis penelitian fenomenologi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Kota Jambi. Permasalahan guru terdpat dalam RPP, pendekatan, metode dan penilaian tugas. Sementara masalah siswa pada minat dan motivasi beberapa siswa tidak memperhatikan sepenuhnya ketika guru sedang menjelaskan. Hal ini menghambat proses belajar mengajar siswa untuk tahap selanjutnya. Pada tahap pelaksanaan menulis teks persuasi, siswa juga dihadapkan pada kendala-kendala eksternal yaitu media yang terapkan oleh guru, siswa merasa kurang menyukai media pembelajaran. Simpulan dari peneltian ini kepada guru disarankan sebaiknya memberikan arahan lebih khusus kepada siswa yang memiliki kendala dalam menulis teks deskripsi. Sementara siswa, sebaiknya sebelum terjadi proses pembelajaran, pahami terlebih dahulu materi yang akan dipelajari yakni mengenai menulis teks deskripsi supaya proses belajar mengajar dalam terlaksana dengan aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Abdulsyani. 2015. Sosiologi Skematika, Teori Dan Terapan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Afifah, N. 2015. Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. I. Dosen Prodi PGMI STAIN Jurai Siwo Metro.

Ahmad, Z. A. 2012. Perencanaan Pembelajaran dari Desain sampai Implementasi. Yogyakarta: Pedagogia.

Amir, Z., & Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta Aswaja Pressindo.

Andreas, S. 2008. Sosiologi 2 SMA Kelas XI. Jakarta Selatan: Quadra.

Bare, Y., & Sari, D. R. T. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (Lkm) Berbasis Inkuiri Pada Materi Interaksi Molekuler. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 11(1), 19-26.

Budiwati, M. 2004. Sosiologi. Yogyakarta:Andi Offset

Creswell, Jhon W. 2016. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dimyati, M. 2006. Belajar dan Pembelajaran .Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Keraf, G. 2018. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah

Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis Teks Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung : Yrama Widya.

Kosasih, E. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis teks. Bandung: Yrama Widya.

Miles, Matthew B., Huberman, A Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Miarso, Y. 2007. Menyemai benih teknologi pendidikan.cetakan ketiga. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

M. Jacky, Sosiologi: Konsep, Teori, dan Metode. (Jakarta:Mitra Wacana Media, 2015. 26-27)

Muspiroh, N. 2016. Peran kompetensi sosial guru dalam menciptakan efektifitas pembelajaran. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2).

Priyatni, E.T. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Putri, D. 2012. Kemampuan Menulis Karangan Persuasi. AL-Ta Lim, 1(1), 24–37.

Roman, A. 2019. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0.” Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains

Rosihuddin, Muh. 2011. Problematika Pembelajaran, Mahasiswa Pasca Sarjana STAIN Kediri.

Susiana. (2017). Problematika Pembelajaran PAI di SMKN 1 Turen. Jurnal Al Thariqah, 2(1), 2527-9610.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Pers

Sobari, T. 2013. Penerapan teknik siklus belajar dalam pembelajaran menulis laporan ilmiah berbasis vokasional di smk. Jurnal Semantik, 1(1), 17–41.

Syah, M. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya Oofset

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. IKAPI:Bandung.

Sugiyono, 2014.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwatra, I Wayan. 2014. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta:Graha Ilmu

Suyono & Haryanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya Oofset

Suharso, dan Ana R. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV. Widya

Walgito, B. 2003. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Published

2023-12-31

Issue

Section

Artikel