Problematik Proses Pembelajaran Teks Persuasi Kelas VIII D SMP Negeri 7 Kota Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.32585/klitika.v5i2.2583Keywords:
Problematik, Pembelajaran, Teks Persuasi.Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam kemajuan bangsa pendidik, peserta didik sehingga pendidikan dijadikan acuan dalam perkembangan kemajuan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Problematik pembelajaran teks persuasi. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian Fenomenologi. Penelitian ini mendeskripsikan penelitian problematik dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Kota Jambi dengan menggunakan jenis penelitian fenomenologi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Kota Jambi. Permasalahan guru terdpat dalam RPP, pendekatan, metode dan penilaian tugas. Sementara masalah siswa pada minat dan motivasi beberapa siswa tidak memperhatikan sepenuhnya ketika guru sedang menjelaskan. Hal ini menghambat proses belajar mengajar siswa untuk tahap selanjutnya. Pada tahap pelaksanaan menulis teks persuasi, siswa juga dihadapkan pada kendala-kendala eksternal yaitu media yang terapkan oleh guru, siswa merasa kurang menyukai media pembelajaran. Simpulan dari peneltian ini kepada guru disarankan sebaiknya memberikan arahan lebih khusus kepada siswa yang memiliki kendala dalam menulis teks deskripsi. Sementara siswa, sebaiknya sebelum terjadi proses pembelajaran, pahami terlebih dahulu materi yang akan dipelajari yakni mengenai menulis teks deskripsi supaya proses belajar mengajar dalam terlaksana dengan aktif.
Downloads
References
Daftar Pustaka
Abdulsyani. 2015. Sosiologi Skematika, Teori Dan Terapan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Afifah, N. 2015. Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. I. Dosen Prodi PGMI STAIN Jurai Siwo Metro.
Ahmad, Z. A. 2012. Perencanaan Pembelajaran dari Desain sampai Implementasi. Yogyakarta: Pedagogia.
Amir, Z., & Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta Aswaja Pressindo.
Andreas, S. 2008. Sosiologi 2 SMA Kelas XI. Jakarta Selatan: Quadra.
Bare, Y., & Sari, D. R. T. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (Lkm) Berbasis Inkuiri Pada Materi Interaksi Molekuler. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 11(1), 19-26.
Budiwati, M. 2004. Sosiologi. Yogyakarta:Andi Offset
Creswell, Jhon W. 2016. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dimyati, M. 2006. Belajar dan Pembelajaran .Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Keraf, G. 2018. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah
Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis Teks Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung : Yrama Widya.
Kosasih, E. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis teks. Bandung: Yrama Widya.
Miles, Matthew B., Huberman, A Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Miarso, Y. 2007. Menyemai benih teknologi pendidikan.cetakan ketiga. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
M. Jacky, Sosiologi: Konsep, Teori, dan Metode. (Jakarta:Mitra Wacana Media, 2015. 26-27)
Muspiroh, N. 2016. Peran kompetensi sosial guru dalam menciptakan efektifitas pembelajaran. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2).
Priyatni, E.T. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Putri, D. 2012. Kemampuan Menulis Karangan Persuasi. AL-Ta Lim, 1(1), 24–37.
Roman, A. 2019. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0.” Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains
Rosihuddin, Muh. 2011. Problematika Pembelajaran, Mahasiswa Pasca Sarjana STAIN Kediri.
Susiana. (2017). Problematika Pembelajaran PAI di SMKN 1 Turen. Jurnal Al Thariqah, 2(1), 2527-9610.
Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Pers
Sobari, T. 2013. Penerapan teknik siklus belajar dalam pembelajaran menulis laporan ilmiah berbasis vokasional di smk. Jurnal Semantik, 1(1), 17–41.
Syah, M. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya Oofset
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. IKAPI:Bandung.
Sugiyono, 2014.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwatra, I Wayan. 2014. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta:Graha Ilmu
Suyono & Haryanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya Oofset
Suharso, dan Ana R. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV. Widya
Walgito, B. 2003. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 pitra edi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.