Integrasi Pendidikan Karakter melalui Digitalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Indra Rasyid Julianto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v4i2.3504

Keywords:

Pembelajaran bahasa Indonesia, pendidikan karakter, digitalisasi pembelajaran

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengintegrasian pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Pengintegrasian yang dimaksud dalam hal ini yaitu pembelajaran keterampilan berbahasa terkait  keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis yang merupakan satu kesatuan. Melalui pengintegrasian ini melihat penguatan Pendidikan karakter melalui digitalisasi pembelajaran. Metode penelitian yang diterapkan pada hasil penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dapat lebih dimaksimalkan melalui digitalisasi pembelajaran yang beragam. Melalui pembelajaran secara digital dapat menumbuhkan nilai kebersamaan, nilai kemandirian, dan nilai integritas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kebersamaan, nilai kemandirian, dan nilai integritas siswa kelas X SMA mengalami perubahan. Nilai-nilai ini memberikan dampak yang positif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pembelajaran bahasa Indonesia lebih menarik dan hasil akhir pembelajaran menjadi lebih maksimal hasilnya. 

Author Biography

Indra Rasyid Julianto, Universitas Negeri Semarang

Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Negeri Semarang

References

Ariyati, D. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia berbasis literasi digital di era 4.0: tantangan dan harapan. Fkip E-Proceeding, 151-160.

Ayu, Dewi Puspita., & Amelia, Rahma. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis E-Learning di Era Digital. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Samasta

Azis, T. N. (2019, December). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(2), 308-318.

Hadi, F. R. (2021). STUDI LITERATUR: SUMBER DAN MEDIA BELAJAR DALAM PENANAMAN NILAI DAN KARAKTER SISWA SD. Prosiding SENSASEDA, 1, 65-70.

Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136-151.

Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.

Julianto, I. R. (2022). POLA PIKIR TERHADAP UNGKAPAN EMOSI ANAK SEBAGAI BENTUK PENGEKSPRESIAN BAHASA. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 61-68.

Julianto, I. R., Haryadi, H., & Nuryatin, A. 2022. INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PEMBELAJARAN DIGITAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA). 2. 25-30).

Kemendikbud. (2016). Kajian dan pedoman penguatan pendidikan karakter (PPK). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. Sipatahoenan, 4(1).

Lestari, R. S. (2021). PEMANFAATAN ANDROID MELALUI MEDIA ARTICULATE STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SMK. Prosiding SENSASEDA, 1, 149-155.

Ni’mah, S., Rusdiana, I., Rafiah, H., & Agustina, R. L. (2021). PERSEPSI GURU KELAS TINGGI SDN PEMAKUAN TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding SENSASEDA, 1, 156-162.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110-121.

Ummah, L. F. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Edukasi Khatulistiwa Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol, 3(2).

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Artikel