CAMPUR KODE DALAM TEKS PIDATO BUPATI SRAGEN

Authors

  • Sukarno, Luluk Nurohmah, Sri Wahono Saptomo

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v4i2.3575

Keywords:

code mixing, speech act, speech teks

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk campur kode internal dan eksternal dalam teks pidato Bupati Sragen. Metode yang digunakan dalam penelitian berjudul Campur Kode dalam Teks Pidato Bupati Sragen ini dilakukan dengan metode  deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat, yaitu dengan cara menyimak video pidato bupati Sragen dan membaca teks tertulisnya, serta dilanjutkan dengan pencatatan data yang memuat unsur campur kode. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan teori Suwito (2007),  dengan terlebih dahulu  diklasifikasikan berdasarkan jenisnya.  Untuk keabsahan data dilakukan dengan pengecekan ulang terhadap  sumber data berupa video dan teks tertulis (triangulasi sumber). Hasil dari penelitian ini yaitu berupa campur kode yang dilakukan bupati Sragen yang berupa: 1) Jenis campur kode internal dari Bahasa Jawa ke dalam Bahasa Indonesia, yang meliputi jenis campur kode internal bentuk kata, frasa, pengulangan kata, dan klausa; 2) Jenis campur kode eksternal dari Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia terdapat bentuk kata, frasa, dan 3). Campur kode campuran dari Bahasa Jawa dan Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia.

Kata kunci: Campur kode, tindak tutur, Teks pidato

 

Abstract

The purpose of this study is to describe the form of internal and external code mixing in the speech text of the Regent of Sragen. The method used in the research entitled Code Mixing in the Sragen Regent's Speech Text is carried out using a qualitative descriptive method. The data collection technique uses the listening and note-taking technique, namely by listening to the video of the Sragen Regent's speech and reading the written text, followed by recording the data which contains elements of code mixing. Data analysis in this study was carried out descriptively with Suwito's theory (2007), by first classifying it based on its type. Data validity was carried out by re-checking data sources in the form of video and written text (source triangulation). The results of this study are in the form of code mixing by the regent of Sragen in the form of: 1) Types of internal code mixing from Javanese into Indonesian, which includes types of internal code mixing in the form of words, phrases, repetition of words, and clauses; 2) Types of external code mixing from Arabic into Indonesian are words, phrases, and 3). Code mixing of Javanese and Arabic into Indonesian.

Keywords: Code mixing, speech act, Speech text

References

DAFTAR PUSTAKA

Amri, Y. K. (2019). “Alih kode dan campur kode pada media social”. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II (Vol. 2, pp. 149-154). FBS Unimed Press.

Andriani, N. D. (2021). “Analisis Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Film Sobat Ambyar”. Edutama.

Angreni, W.& Sabardila, A. (2021). “Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Pidato Mahasiswa MPBI-UMS” (Analysis of Language Errors in MPBI-UMS Student Speech). Totobuang. 9(2), 185-196.

DOI:10.26499/ttbng. v9i2.303

Dewantara, A. K. (2015). “Campur Kode dan Alih Kode pada Interaksi Informasi Mahasiswa di Yogyakarta: Studi Kasus pada Mahasiswa Asrama Lantai Merah, Jalan Cendrawasih No. 1B. Sanata Dharma Yogyakarta”.

Estetis, E. N., & Hasibuan, A. L. (2021). “Campur Kode dan Alih Kode Guru dan Siswa Pelajaran Bahasa Indonesia”. Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(2), 245-252.

Fauziyah, A., Itaristanti, I., & Mulyaningsih, I. (2019). “Fenomena alih kode dan campur kode dalam angkutan umum (Elf) Jurusan Sindang Terminal_Harjamukti Cirebon”. SeBaSa, 2(2), 79-90.

Hapsari, N. R., & Mulyono, M. (2018). “Campur Kode dan Alih Kode dalam Video Youtube Bayu Skak”. Jurnal Bapala, 2(5), 1-7.

Hartatik, A. S., & Mulyani, S. (2017). “Alih Kode dan Campur Kode Masyarakat Tutur di Pasar Tradisional Plered Cirebon. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 1(2), 33-40.

Hikam, F. F., Santoso, F. V., & Mahdi, M. (2021, December). “ANALISIS FENOMENA CAMPUR KODE DAN ALIH KODE PADA MEDIA SOSIAL TWITTER”. In Prosiding Seminar Nasional Sasindo (Vol. 2, No. 1).

Jendra, Made Iwan Indrawan. 2012. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lestari, A. D., & Sabardila, A. (2020). “Jenis Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMPN 3 Colomadu” (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Mahsun. 2017. Metode Penelitian bahasa Edisi Ketiga (Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya). Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Marlin, M.2018. “Campur Kode Ceramah Ustad Maulana dalam Acara “Islam Itu Indah” Di Trans Tv. Bahasa Dan Sastra, 3(2).

Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustikawati, D. A. (2015). “Alih Kode dan Campur Kode Antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik)”. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 23–32. Retrieved from http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/154

Ningrum, F. (2019). “Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Postingan Di Akun Instagram Yowessorry”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(2), 119-125.

Safii, M. R. R. (2020). “Penggunaan Campur Kode Pada Pidato Karya Siswa Kelas Xi Iis Man 1 Blitar”.

Suandi, I. N. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Simatupang, R. R., Rohmadi, M., & Saddhono, K. (2018). “Alih Kode dan Campur Kode Tuturan di Lingkungan Pendidikan. LingTera, 5(1), 1-9.

Simatupang, R. R., Rohmadi, M., & Saddhono, K. (2019). “Tuturan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (kajian sosiolinguistik alih kode dan campur kode). Kajian Linguistik dan Sastra, 3(2), 119-130.

Soewito. 1995. Sosiolinguistik Suatu Pengantar Awal, Teori dan Problema. Surakarta: Henary Offset Solo.

Sudarja, K. (2019). “Alih Kode dan Campur kode dalam Proses Pengajaran Bahasa Indonesia”. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 35-49.

Tololiju, A. J., & MARENTEK, A. (2018). Campur Kode Pada Media Sosial “Facebook”. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 3(3).

Umami, E. A. (2020). “Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Arab dalam Vlog”: Kajian Sosiolinguistik (Studi Kasus Pada Vlog Nurul Taufik).

Yastanti, U. (2016). “Campur Kode Pada Pidato Presiden Sby Dalam Perayaan Hut Ke-69 Republik Indonesia”. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 13(2), 255-264.

Yuniati, I. (2018). “Alih Kode dan Campur Kode dalam Pengajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMAN 6 Kabupaten Bengkulu Tengah”. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 47-65.

Yusnan, M., Kamasiah, R. I., Karim, H., & Bugis, R. (2020). “Alih Kode dan Campur Kode pada Novel Badai Matahari Andalusia Karya Hary El-parsia: Transfer Code And Mix Code In Novels Badai Matahari Andalusia Karya Hary El-parsia”. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(1), 1-12.

Downloads

Published

2023-01-10

Issue

Section

Artikel