KONJUNGSI DALAM MUGIMANTEP STRUKTUR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.32585/klitika.v1i1.381Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis konjungsi dan hubungan makna konjungsi dalam mugimantepstrukturteks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK PGRI Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Datapenelitianini berupakonjungsidalam mugimantepstrukturtekslaporanhasilobservasisiswakelas X. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes, teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini melalui (1) Tahap Penyediaan Data, (2) Tahap Analisis Data, (3) Tahap Penyajian Hasil Analisis Data. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi teori.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) jeniskonjungsi yang terdapatdalamkarangansiswakelas X adadua, yaitukonjungsikoordinatifdankonjungsisubordinatif. Konjungsi yang dipakai 146 konjungsikoordinatif dan 87 konjungsisubordinatif. (2) hubungan makna konjungsi yang terdapat dalam mugimantep karangan siswa kelas X ada sepuluh, yaitu hubungan makna penjumlahan, hubungan makna pemilihan, hubungan perlawanan, hubungan makna waktu, hubungan makna syarat, hubungan makna perbandingan, hubungan makna penyebaban, hubungan makna pengakibatan, hubungan makna penjelasan, dan hubungan makna cara. Struktur mugimantep (umum, bagian, manfaat, dan penutup) semua sudah tercantum dalam karangan teks laporan hasil observasi siswa kelas X.
Downloads
References
Amaliah, Nurul Fatiha. 2018. “Analisis Penggunaan Konjungsi Dalam Karangan Teks Prosedur Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Jeneponto.”
Ayudia, Edi Suryanto, dan Budhi Waluyo. 2016. “Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Laporan Hasil Observasi Pada Siswa SMP.” BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya 4(45): 5–24.
Chaer, Abdul. 2013. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Ismawati, Esti. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra. Yogyakarta: Ombak.
Kridalaksana, Harimukti. 2009. Pembentukan Kata Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustakak Utama.
Kusumaningsih, Dewi, dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi.
Kusumaningsih, Dewi. 2013. “Indonesian Text Role as Draft Science in Curriculum 2013: Assessment Introduction Text Structure Strategies In Indonesian Book.” Asian Journal of Sciences and Humanities 2(4): 1–4. http://www.ajssh.leena-luna.co.jp/AJSSHPDFs/Vol.2(4)/AJSSH2013(2.4-28).pdf.
Larosa, Sri Juliana, and Fitriani Lubis. 2017. “Kemampuan Mengonstruksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.” BASASTRA 6(9): 115–23.
Mahsun. 2014. Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
———. 2017. Metode Penelitian Bahasa Tahapan, Strategi, Metode, Dan Tekniknya. Depok: Rajawali Pers.
Maulina, Yeni. 2018. “Penggunaan Konjungsi Dalam Wacana Pembelajaran Literasi.” Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra 9(2): 191.
Meiliza, Rostina Taib, & Subhayni. 2016. “Kemampuan Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Banda Aceh Memproduksi Teks Laporan Hasil Observasi.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI 1(9): 46–56.
Melia. 2017. “Analisis Penggunaan Konjungsi Bahasa Indonesia Pada Editorial Surat Kabar Tribun Pontianak.” Jurnal Pendidikan Bahasa 6(2): 281–93.
Moeliono, Anton M. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Novita, Bella, and dkk. 2018. “Analisis Penggunaan Konjungsi Dan Tanda Baca Dalam Teks Lho Pada Siswa Sma Kelas X.” jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia 1(2): 127–32.
Ramlan, M. 2005. Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis. Yogyakarta: C.V Karyono.
Riwan Putri Bintari, Ni Luh Gede, I Nyoman Sudiana, and Ida Bagus Putrayasa. 2014. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Amlapura.” e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 3(1): 1–10.
Santosa, Riyadi. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Kebahasaan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Sinaga, Mangatur, and dkk. 2015. “Ketepatan Penggunaan Konjungsi Subordinatif Dalam Media Cetak.” JURNAL BAHASA 10(2): 176–84.
Sudaryanto. 1993. Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sutanto, Sunaryati. 1998. Ilmu Sintaksis Bahasa Indonesia (Suatu Kajian Awal). Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Sutopo, H. B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori Dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.