NOVEL DEAR NATHAN KARYA ERISCA FEBRIANI SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI TOKOH PROTAGONIS PRIA

Authors

  • Clara Chintya Agustin
  • Dewi Kusumaningsih
  • Wiwik Darmini

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v1i1.383

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan pendidikan karakter tokoh protagonis pria dilihat dari sisi olah hati, olah pikir, olah raga, serta olah rasa dan karsa dalam novel Dear Nathan karya Erisca Febriani. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah novel Dear Nathan dan film Dear Nathan, sedangkan data penelitian berupa narasi, kalimat atau dialog cerita tentang tokoh utama pria. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, teknik baca, teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik simak dan catat. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter tokoh protagonis pria dalam novel Dear Nathan karya Erisca Febriani. Pertama, pendidikan karakter tokoh protagonis pria dilihat dari sisi olah hati meliputi: (a) jujur, (b) sabar, (c) bertanggung jawab, (d) berempati. (e) berani mengambil risiko, (f) pantang menyerah, dan (g) rela berkorban. Kedua, pendidikan karakter tokoh protagonis pria dilihat dari sisi olah pikir meliputi: (a) kritis, dan (b) ingin tahu. Ketiga, pendidikan karakter tokoh protagonis pria dilihat dari sisi olah raga meliputi: (a) bersahabat, (b) ceria, (c) ulet, dan (d) gigih. Terakhir, pendidikan karakter tokoh protagonis pria dilihat dari sisi olah rasa dan karsa meliputi: (a) kebersamaan, (b) ramah, (c) peduli, dan (d) toleran.

References

Irma, Cintya Nurika. 2018. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan.” Retorika 11(1): 14–22.

Kusumaningsih, Dewi. 2018. “‘ Kesaktianmu ’ an Expression of Language Beauty with the Content of Infidelity in a Popular Love Song Study of Language Creativity and Sexism.” Advances in Social Science, Education and Humanities Research 231(Amca): 620–23. http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/.

Kusumaningsih, Dewi, Riyadi Santosa, and H D Edi Subroto. 2018. “Vulgar and Obscene Terms in Indonesian Song Lyrics (The Reflection Language Creativity).” Advances in Social Science, Education and Humanities Research 166(Prasasti): 60–65. http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/.

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter: Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada.

———. 2013. Sastra Anak, Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Patilima. 2005. Teknik Analisis Data. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Samani, Muchlas, and M. S. Hariyanto. 2017. Pendidikan Karakter Konsep Dan Model. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sholeh, Moch Lukman Nur. 2015. “Analisis Karakter Tokoh Utama Dalam Novel Bumi Cinta Karangan Habiburrahman El Shirazy.” Skripsi: 1–8.

Siswasih. 2007. Bahasa Dan Sastra Indonesia Untuk SMK Kelas XII. Bekasi: PT. Galaxi Puspa Mega.

Suprapto, Lina, Andayani, and Budi Waluyo. 2014. “Kajian Psikologi Sastra Dan Nilai Karakter Novel 9 Dari Nadira Karya Leila S. Chudori.” BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya 2(3): 1–15.

Susanti, Marlina. 2013. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Nazar-Nazar Jiwa Karya Budi Sulistyo En- Nafi’.” Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1(2): 274–82.

Yanti, Prima Gusti, and Syarif Hidayatullah. 2018. “Representasi Ekranisasi Novel Dear Nathan Karya Erisca Febriani.” 1(1): 45–50.

Published

2019-06-15

Issue

Section

Artikel