Pendekatan Moral terhadap Tiga Cerita Rakyat sebagai Bahan Bacaan Anak dan Perlunya Rekonstruksi
DOI:
https://doi.org/10.32585/klitika.v5i2.4044Keywords:
Sastra Anak, Cerita Rakyat, Menceritakan UlangAbstract
Sastra adalah ekspresi perasaan seseorang yang disampaikan melalui tulisan atau cerita yang disajikan secara menarik bagi pembacanya. sastra anak juga merupakan ekspresi perasaan seorang anak yang diwujudkan dalam bentuk tulisan dan dinikmati oleh anak-anak. Sastra anak dapat berupa karya sastra yang ditulis oleh orang dewasa untuk anak-anak, atau karya sastra yang ditulis oleh anak-anak dan dinikmati oleh sesama anak-anak. Metode penelitian melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik cuplik dan tulis. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan masyarakat merupakan cerita dengan isi atau konten positif dan sudah diwariskan secara turun temurun. Konsep tersebut berdampak pada cerita rakyat itu sendiri tidak dikaji dan ditelaah sebelum dikonsumsi oleh anak-anak tanpa pengawasan. penelitian yang telah dilakukan menemukan bahwa cerita rakyat di indonesia masih terdapat hal yang tabu untuk dikonsumsi oleh anak. Hal-hal seperti kekerasan dan seksualitas serta hal tabu lainnya. Perlunya rekonstruksi terhadap beberapa cerita rakyat di Indonesia agar lebih aman di konsumsi oleh anak-anak. rekonstruksi dan retelling penting agar cerita rakyat lebih aman dan anak mudah dalam menyerap nilai serta moral dalam sebuah cerita rakyat.
Downloads
References
Damayanti, A. (2010). Kumpulan Legenda Nusantara Favorit: Vol. vol 1 (P. Nugroho, Ed.). Indria Pustaka, Grup Puspa Swara.
Faidah, C. N. (2018). DEKONSTRUKSI SASTRA ANAK: MENGUBAH PARADIGMA KEKERASAN DAN SEKSUALITAS PADA KARYA SASTRA ANAK INDONESIA. 2(1).
Faisol Efendi, M., Hudiyono, Y., & Murtadlo, A. (2019). ANALISIS CERITA RAKYAT MIADUKA DITINJAU DARI KAJIAN SASTRA ANAK. In Jurnal Ilmu Budaya (Vol. 3, Issue 3).
Hafizah, Rahmat, A., & Rohman, S. (2022). Pembelajaran Sastra Anak Dalam Membentuk Karakter Di Sekolah Dasar. METALINGUA, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7, 02.
Kurniawan, H. (2021). Menulis Kreatif Buku Bacaan Anak (N. Asri N, Ed.). PT Remaja Rosdyakarya.
Masykuroh, Q. (2016). PHYSICAL AND VERBAL VIOLENCE IN INDONESIAN FOLKTALES RETOLD IN CHILDREN’S BOOKS. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1, 25–34.
Munaris. (2020). Sastra Anak Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal KATA . http://repository.lppm.unila.ac.id/21405/1/20898-48747-1-PB.pdf
Neina, Q. A. (2018). DONGENG ABAD 21: MODERNISASI SASTRA ANAK BERBASIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN. Jurnal Sastra Indonesia, 7(3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi
Ninawati, S., Balai, D., Daerah, B., Yogyakarta, I., Pengembangan, B., & Bahasa, P. (2016). DEKONSTRUKSI CERITA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER ANAK MENYELISIK SISI LAIN MAKNA CERITA “SI MALIN KUNDANG” Deconstruction to Build Child Character : Analyze the Hidden Meaning in.
Nugraha, D., Suyitno, S., & Ashton, E. (2022). The Campaign to Remove Si Kancil from Indonesian Schools (Kampanye Hapus Si Kancil dari Sekolah Indonesia). Indonesian Language Education and Literature, 8(1), 133. https://doi.org/10.24235/ileal.v8i1.10890
Sanggar Tumpal. (2005). Dongeng Klasik Indonesia : Jaka Tarub. Gramedia Pustaka Utama.
Sarumpaet, R. K., & Pusat Bahasa (Indonesia). (2010). Pedoman penelitian sastra anak. Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional.
Semi, A. (2021). Kritik Sastra (edisi digital). TITIAN ILMU.
shintyah. (2020). TELAAH KRITIS CERITA PUTRI LADANG SEBAGAI BACAAN SASTRA ANAK*) (A Critical Analysis of Putri Ladang Story as a Children’s Literature Story). ALAYASASTRA, 16, 2.
Sidiq, U., & Miftchul Choiri, M. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN (A. Mujahidin, Ed.; Vol. 01). CV. Nata Karya.
Tri Evendi. (2017). Cerita Rayat Nusantara (01 ed.). ANPEN.
Waryanti, E., Puspitoningrum, E., Astrid Violita, D., Muarifin, M., & Nusantara PGRI Kediri, U. (n.d.). Struktur Cerita Anak Dalam Cerita Rakyat Timun Mas dan Buto Ijo Dalam Saluran Youtube Riri Cerita Anak Interaktif (Kajian Sastra Anak).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rafli Adi Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.