Pendekatan Moral terhadap Tiga Cerita Rakyat sebagai Bahan Bacaan Anak dan Perlunya Rekonstruksi

Authors

  • Rafli Adi Nugroho Universitas Jenderal Soedirman
  • Anwar Mubharok Universitas Jenderal Soedirman
  • Widya Putri Ryolita Universitas Jenderal Soedirman
  • Aldi Aditya Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v5i2.4044

Keywords:

Sastra Anak, Cerita Rakyat, Menceritakan Ulang

Abstract

Sastra adalah ekspresi perasaan seseorang yang disampaikan melalui tulisan atau cerita yang disajikan secara menarik bagi pembacanya. sastra anak juga merupakan ekspresi perasaan seorang anak yang diwujudkan dalam bentuk tulisan dan dinikmati oleh anak-anak. Sastra anak dapat berupa karya sastra yang ditulis oleh orang dewasa untuk anak-anak, atau karya sastra yang ditulis oleh anak-anak dan dinikmati oleh sesama anak-anak. Metode penelitian melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik cuplik dan tulis. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan masyarakat merupakan cerita dengan isi atau konten positif dan sudah diwariskan secara turun temurun. Konsep tersebut berdampak pada cerita rakyat itu sendiri tidak dikaji dan ditelaah sebelum dikonsumsi oleh anak-anak tanpa pengawasan. penelitian yang telah dilakukan menemukan bahwa cerita rakyat di indonesia masih terdapat hal yang tabu untuk dikonsumsi oleh anak. Hal-hal seperti kekerasan dan seksualitas serta hal tabu lainnya. Perlunya rekonstruksi terhadap beberapa cerita rakyat di Indonesia agar lebih aman di konsumsi oleh anak-anak. rekonstruksi dan retelling penting agar cerita rakyat lebih aman dan anak mudah dalam menyerap nilai serta moral dalam sebuah cerita rakyat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rafli Adi Nugroho, Universitas Jenderal Soedirman

Mahasiswa S1 Sastra Indonesia

References

Damayanti, A. (2010). Kumpulan Legenda Nusantara Favorit: Vol. vol 1 (P. Nugroho, Ed.). Indria Pustaka, Grup Puspa Swara.

Faidah, C. N. (2018). DEKONSTRUKSI SASTRA ANAK: MENGUBAH PARADIGMA KEKERASAN DAN SEKSUALITAS PADA KARYA SASTRA ANAK INDONESIA. 2(1).

Faisol Efendi, M., Hudiyono, Y., & Murtadlo, A. (2019). ANALISIS CERITA RAKYAT MIADUKA DITINJAU DARI KAJIAN SASTRA ANAK. In Jurnal Ilmu Budaya (Vol. 3, Issue 3).

Hafizah, Rahmat, A., & Rohman, S. (2022). Pembelajaran Sastra Anak Dalam Membentuk Karakter Di Sekolah Dasar. METALINGUA, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7, 02.

Kurniawan, H. (2021). Menulis Kreatif Buku Bacaan Anak (N. Asri N, Ed.). PT Remaja Rosdyakarya.

Masykuroh, Q. (2016). PHYSICAL AND VERBAL VIOLENCE IN INDONESIAN FOLKTALES RETOLD IN CHILDREN’S BOOKS. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1, 25–34.

Munaris. (2020). Sastra Anak Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal KATA . http://repository.lppm.unila.ac.id/21405/1/20898-48747-1-PB.pdf

Neina, Q. A. (2018). DONGENG ABAD 21: MODERNISASI SASTRA ANAK BERBASIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN. Jurnal Sastra Indonesia, 7(3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi

Ninawati, S., Balai, D., Daerah, B., Yogyakarta, I., Pengembangan, B., & Bahasa, P. (2016). DEKONSTRUKSI CERITA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER ANAK MENYELISIK SISI LAIN MAKNA CERITA “SI MALIN KUNDANG” Deconstruction to Build Child Character : Analyze the Hidden Meaning in.

Nugraha, D., Suyitno, S., & Ashton, E. (2022). The Campaign to Remove Si Kancil from Indonesian Schools (Kampanye Hapus Si Kancil dari Sekolah Indonesia). Indonesian Language Education and Literature, 8(1), 133. https://doi.org/10.24235/ileal.v8i1.10890

Sanggar Tumpal. (2005). Dongeng Klasik Indonesia : Jaka Tarub. Gramedia Pustaka Utama.

Sarumpaet, R. K., & Pusat Bahasa (Indonesia). (2010). Pedoman penelitian sastra anak. Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional.

Semi, A. (2021). Kritik Sastra (edisi digital). TITIAN ILMU.

shintyah. (2020). TELAAH KRITIS CERITA PUTRI LADANG SEBAGAI BACAAN SASTRA ANAK*) (A Critical Analysis of Putri Ladang Story as a Children’s Literature Story). ALAYASASTRA, 16, 2.

Sidiq, U., & Miftchul Choiri, M. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN (A. Mujahidin, Ed.; Vol. 01). CV. Nata Karya.

Tri Evendi. (2017). Cerita Rayat Nusantara (01 ed.). ANPEN.

Waryanti, E., Puspitoningrum, E., Astrid Violita, D., Muarifin, M., & Nusantara PGRI Kediri, U. (n.d.). Struktur Cerita Anak Dalam Cerita Rakyat Timun Mas dan Buto Ijo Dalam Saluran Youtube Riri Cerita Anak Interaktif (Kajian Sastra Anak).

Published

2023-12-31

Issue

Section

Artikel