Analisis Latar dalam Novel “Si Anak Spesial” Karya Tere Liye
DOI:
https://doi.org/10.32585/klitika.v5i1.4423Keywords:
Anak, Novel, SastraAbstract
Novel “Si Anak Special” karya Tere Liye dipilih oleh Peneliti untuk dikaji karena tertarik dengan genre anak yang dipilih oleh penulis novel dan pilihan kata yang digunakan dalam novel tersebut. Penulis novel mampu menyampaikan pesan dengan kata-kata yang mampu menyentuh hati pembacanya serta cerita yang diangkat merupakan cerita yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari sehingga pembaca tidak sulit untuk memahami alurnya. Tujuan pembaca menganalisis novel “Si Anak Special” yaitu di samping untuk mengetahui alur dari novel “Si Anak Special” itu sendiri, pembaca juga ingin mengkaji novel “Si Anak Special” dan merealisasikan peranannya sebagai pengapresiasi dalam mengapresiasi, menilai, dan mendalami suatu karya serta untuk mengetahui pesan moral yang terkandung di dalam novel “Si Anak Special”. Dalam hal ini, pendekatan deskriptif kualitatif yang dipilih oleh pembaca untuk mengkaji suatu karya sastra yaitu berupa novel yang berjudul “Si Anak Special” karya Tere Liye. Novel “Si Anak Special” karya Tere Liye ini merupakan novel bergenre anak atau keluarga dan sangat menarik untuk dibaca. Novel yang bercerita tentang kisah Burlian seorang anak SD yang nakal tetapi baik hati dan sopan ini memfokuskan tentang kehidupannya sebagai anak ketiga dari empat saudara. Novel Si Anak Spesial ini mengajarkan betapa pentingnya peran ibu dan ayah dalam proses pendewasaan anak mereka.Downloads
References
Angraini, D., & Permana, I. (2019). Ananlisis Novel “Lafal Cinta” Karya Kuriawan Al-Isyhad Menggunakan Pendekatan Pragmatik. Parole (JurnalPendidikanBahasadanSastra Indonesia), 2(4).
Irawan, A. (2021). Analisis Struktur Alur (Plot), Penokohan, dan Latar Pada Novel Cinta Itu Luka karya Revina VT. STKIP PGRI Bangkalan.
Ismawati, E. (2013). Pengajaran Sastra. Ombak.
Manullang, R. (2021). Analisis Latar Cerita Dalam Novel Senja Yang Tak Tergantikan Karya Rahma Yuniarsih. Universitas Batanghari.
Nurgiyantoro, B. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Gajah Mada University.
Nurhasanah, E. (2014). Modul Teori Pengantar Kajian Kesusastraan. Universitas Singaperbangsa Karawang.
Putri, T., Maryam, Y., & Dida Firmansyah. (2018). Analisis Nilai Moralitas Pada Tokoh Utama Dilan Dalam Novel Dilan (Dia Adalah Dilanku Tahun 1990) Karya Pidi Baiq. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(6).
Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Saputri, Lintang Cahyu dan Yoyoh Nur Laeliyah. 2020. Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. KLITIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2, Nomor 2, 2020, pp 88-101.
Suryaman, Maman. 2011. Menuju Pembelajaran Sastra yang Berkarakter dan Mencerdaskan. @rtikulasi, Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Inonesia. Vol. 10. No. 1. Mei 2011.
Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Syafiruddin, Moh. 2011. Jenis-jenis novel. Dalam http://www.syafir.com/2011/03/28/jenis-jenis novel, download tanggal 29/03/2012.
Tere Liye. (2018). Si Anak Special. PT Sabak Grip Nusantara.
Waskita, D., Sulistyaningtyas, T., & Jejen Jaelani. (2011). Sastra Lisan Sebagai Kekuatan Kultural Dalam Pengembangan Strategi Pertahanan Nasional Di Pelabuhan Ratu Jawa Barat. Jurnal Sosioteknologi, 23(10).
Warren, R. W. A., & Wellek, R. (1996). Teorie literatury. Olomouc: Votobia.
Whardana, Dian Eka dkk. 2020. Webinar Dan Pendampingan Daring Penulisan Artikel Hasil Penelitian Pada Jurnal Nasional Terakreditasi Bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat Sma Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i4.20640.
Yanda, Diyan Permata. 2016. Konflik Batin Tokoh Zahrana dalam Novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman Elshirazy. Jurnal gramatika Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia V1.i1 (1-12). STKIP PGRI Sumatera Barat ISSN: 2442-8485 E-ISSN: 2460-6319.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.