PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VII A SEMESTER I SMP NEGERI 3 TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • Nopvy Dwi Kusumawardani
  • Tutik Wahyuni
  • Sukarno Sukarno

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v1i2.472

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan  pendekatan kontekstual untuk meningkatkan keterampilan  menulis narasi siswa kelas VII A Semester I SMP Negeri 3 Tawangsari tahun ajaran 2013/2014? (2) Apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas VII A Semester I SMP Negeri 3 Tawangsari tahun ajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan penerapan  pendekatan kontekstual pada penulisan narasi siswa kelas VII A Semester I SMP Negeri 3 Tawangsari tahun ajaran 2013/2014 (2) Untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas VII A Semester I SMP Negeri 3 Tawangsari tahun ajaran 2013/2014.

Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Objek penelitiannya adalah pembelajaran menulis narasi, sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII A  SMP Negeri 3 Tawangsari sejumlah 23 siswa. Sumber data yang digunakan adalah dokumentasi, informan, dan tempat peristiwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis kritis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini (1) Penggunaan pendekatan kontekstual dilakukan dengan menggunakan tujuh komponen. Konstruktivisme, questioning, inquiry, learning community, modelling, refleksi, dan authentic assessment. Pada siklus I menggunakan media gambar bertema liburan. Pada siklus II menggunakan media gambar bertema berangkat sekolah (2) Penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan  keterampilan  menulis narasi siswa kelas VII A Semester I SMP  Negeri 3 Tawangsari Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini ditandai dengan meningkatnya persentase keterampilan siswa menulis narasi yang telah mencapai ketuntasan (? 70), yakni sebesar 65,22% pada siklus I naik 21,74% menjadi 86,96% pada siklus II.

References

Keraf, Gorys. 2001. Argumentasi Dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Sari, Novita Mustika. 2012. “Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Melalui Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas I SD Negeri Banmati Kabupaten Sukoharjo.” Skripsi.

Semi, Atar. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwandi, Sarwiji. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.

Tarigan, Henry Guntur. 1993. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Cerdas Pustaka Publiser.

Yusdi, Milman. 2010. “Pengertian Kemampuan.” (31 Agustus 2013). http://milmanyusdi.blogspot.com.

Published

2019-12-17

Issue

Section

Artikel