PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VII A SEMESTER I SMP NEGERI 3 TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.32585/klitika.v1i2.472Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas VII A Semester I SMP Negeri 3 Tawangsari tahun ajaran 2013/2014? (2) Apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas VII A Semester I SMP Negeri 3 Tawangsari tahun ajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan penerapan pendekatan kontekstual pada penulisan narasi siswa kelas VII A Semester I SMP Negeri 3 Tawangsari tahun ajaran 2013/2014 (2) Untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas VII A Semester I SMP Negeri 3 Tawangsari tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Objek penelitiannya adalah pembelajaran menulis narasi, sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Tawangsari sejumlah 23 siswa. Sumber data yang digunakan adalah dokumentasi, informan, dan tempat peristiwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis kritis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini (1) Penggunaan pendekatan kontekstual dilakukan dengan menggunakan tujuh komponen. Konstruktivisme, questioning, inquiry, learning community, modelling, refleksi, dan authentic assessment. Pada siklus I menggunakan media gambar bertema liburan. Pada siklus II menggunakan media gambar bertema berangkat sekolah (2) Penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas VII A Semester I SMP Negeri 3 Tawangsari Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini ditandai dengan meningkatnya persentase keterampilan siswa menulis narasi yang telah mencapai ketuntasan (? 70), yakni sebesar 65,22% pada siklus I naik 21,74% menjadi 86,96% pada siklus II.
Downloads
References
Keraf, Gorys. 2001. Argumentasi Dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.
Sari, Novita Mustika. 2012. “Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Melalui Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas I SD Negeri Banmati Kabupaten Sukoharjo.” Skripsi.
Semi, Atar. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwandi, Sarwiji. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.
Tarigan, Henry Guntur. 1993. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Cerdas Pustaka Publiser.
Yusdi, Milman. 2010. “Pengertian Kemampuan.” (31 Agustus 2013). http://milmanyusdi.blogspot.com.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.