NILAI SOSIAL DALAM NOVEL “AYAH” KARYA ANDREA HIRATA: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA

Authors

  • Mika Rosianti
  • Mukti Widayanti
  • Yohanes Sugiyanto

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v1i2.475

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai sosial dan implementasi nilai sosial dalam novel “Ayah” karya Andrea Hirata sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.  Sumber data penelitian ini adalah novel “Ayah” karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka cetakan keempat tahun 2015 dengan tebal 412 halaman. Prosedur pengumpulan data  menggunakan teknik pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Prosedur analisis data menggunakan Content Analysis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai sosial yang ada dalam novel “Ayah” karya Andrea Hirata mencakupi: kepedulian sosial antarsesama, antarsahabat, antara guru dan muridnya; hubungan kasih sayang antarsesama, antara kakak dengan adiknya, antara anak dengan ayahnya, anak dengan kedua orang tuanya, suami dan istri, ayah dengan anaknya, dan anak dengan ibunya; sikap kebersamaan meliputi: antarsesama, antarsahabat, dan  ayah dan anak; sikap menghormati dan santun meliputi: kepada orang tua, kepada aktivitas kompetisi atau pertandingan; sikap tolong-menolong meliputi: antara orang tua dengan anaknya,  antarsesama, dan antarteman; dan sikap toleransi meliputi: antara anak dan ayah dan  antarsesama.

References

Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Endraswara, Suwardi. 2013a. Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Ombak.

__________. 2013b. Metodologi Kritik Sastra.Yogjakarta: Ombak.

Faruk. 2005. Pengantar Sosiologi Sastra dari Strukturalisme Genetik sampai Post-Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

__________. 2012. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hirata, Andrea. 2015. Ayah. Yogyakarta: Bentang.

Kosasih. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: CakraBook Solo.

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Perss.

Saputra, Wahyu. 2012. “Nilai-nilai Sosial dalam Novel Bukan Pasar Malam Karya Pramoedya Ananta Toer”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 1, No. 1, September 2012; Seri E 339¬¬-425. hal 409-417.

Setiadi, Elly M dan Usman Kolip. 2011. Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya. Jakarta: Kencana.

Subroto, Edi. 1992. Pengantar Metoda Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret Univesity Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tjahjono, Liberatus Tengsoe. 1988. Sastra Indonesia Pengantar Teori dan Apresiasi. Flores-NTT: Nusa Indah.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1977. Theory of Literature. Diterjemhakan oleh Melani Budianta dengan judul Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.

Published

2019-12-17

Issue

Section

Artikel