ANALISIS SEMIOTIKA MODEL ROLAND BARTHES PADA MAKNA LAGU “REMBULAN” KARYA IPHA HADI SASONO

Authors

  • Henny Sri Kusumawati
  • Nuryani Tri Rahayu
  • Dwi Fitriana

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v1i2.476

Abstract

Musik disebut sebagai bahasa dari perasaan-perasaan yang dirasakan manusia (the language of emotions). Musik dan bahasa memiliki tujuan yang serupa yaitu mengomunikasikan sesuatu arti tertentu yang ingin disampaikan. Sebagaimana yang ingin dikomunikasikan Ipa Hadi Sasonodalam karya lagunya berjudul “Rembulan”. Selain itu penelitian ini juga mendeskripsikan tentang persepsi masyarakat usia 21-24 di kalangan karang taruna Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo terhadap lagu. Subyek penelitian adalah lagu “Rembulan” Karya Ipa Hadi Sasono. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Metode Semiotika Roland Barthes. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik Keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber. Teknik Pengumpulan data menggunakan content analysis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa lagu “Rembulan” menggunakan dua macam simbol, yakni simbol verbal berupa syair atau lirik lagu yang mengandung makna tentang percintaan. Sedangkan simbol non verbal berupa unsur-unsur lagu yang indah dan lembut membuat lagu saling berkesinambungan. Persepsi yang didapat dari lagu “Rembulan” adalah persepsi positif karena bisa mendorong anak muda untuk membuat karya dan menjadi anak muda yang kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aufa Afifah, Hasna. 2017. Makna Lirik Lagu Tradisional Anak-Anak Amefuri (Kajian Semiotika). Jurnal Ayumi, Vol.4 No. 2, September 2017. Hlm 175-186. www.ejurnal.unitomo.ac.id diakses pada tanggal 10 April 2019 pukul 09.30 WIB.

Awe, Makoo. 2003. Nyanyian di Tengah Kegelapan. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia

Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta : Kanisius

Barthes, Roland. 2007. Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa: Semiotik atau Sosiologi Tanda, Simbol dan Representasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Danesi, Marcel. 2010. Pesan, Tanda, dan Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Effendy, Uchjana Onong. 2004. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Eco, Umberto. 2009. Teori Semiotika. Bantul: Kreasi Wacana.

Fitri, Syarif. 2017. Analisa Semiotik Makna Motivasi Lirik Lagu Cerita Tentang Gunung dan Laut Karya Payung Teduh. Jurnal Komunikasi, Vol. VIII No. 3, September 2017. www.ejournal.bsi.ac.id diakses pada tanggal 9 April pukul 15.00 WIB.

Grimonia, Eya. 2014. Dunia Musik (Sains Musik Untuk Kebaikan Hidup). Bandung: Nuansa Cendekia.

Herusartoto, Budiono. 2008. Simbolisme Jawa. Kanisius: Yogyakarta.

Hidayat, Rahmat. 2014. Analisis Semiotika Makna Motivasi Pada Lirik Lagu Laskar Pelangi Karya Nidji. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.2 No. 1, 2014. Hlm 243-258. www.ejournal.ilkom.fisip.unmul.ac.id diakses pada tanggal 11 April 2019 pukul 02.35 WIB.

Hoed, H. Benny. 2011. Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Beji Timur Depok. Cetakan Pertama.

Hovland, Carl L.2007. Definisi Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

H.B. Sutopo. 2002. Metode Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Jamalaus. 1988. Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Karomatunisa, Dina. 2017. Semiotika Korupsi dalam Lirik Lagu Rekening Gendut karya Iwan Fals. Jurnal Komunikasi, Vol. 9 No.. 2, 16 Oktober 2017. www.ejournal.uinjkt.ac.id diakses pada tanggal 26 September 2019 pukul 11.30 WIB.

Kurniawan. 2001. Semiologi Roland Barthes. Magelang. Yayasan Indonesiatera

Anggota IKAPI.

Kusumarini, Yusita. 2006. Analisis Teks dan Kode Interior Gereja Karya Tadao Ando.Jakarta : Petra Departmen.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Media Group.

Littlejohn , Stephen W, Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Lutfiani, Anis. 2018. Analisis Semiotika Model Roland Barthes pada Lagu Mars Perindo. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.8 No. 3, 12 Februari 2018. www.ejournal.umpo.ac.id diakses pada tanggal 26 september 2019 pukul 10.00 WIB.

Masinambow , E. K. M, Hidayat Rahayu, S. 2001. Semiotik mengkaji tanda dalam artifak. Jakarta. Balai Pustaka.

Miftah, Thoha. 2003. Kepemimpinan dan Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Mudjilah, H.S.2004. Diktat Teori Musik Dasar. Yogyakarta: UNY.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurdiansyah, C. 2018. Analisa Semiotik Makna Motivasi Berkarya Lirik Lagu Zona Nyaman Karya Fourtwenty. Jurnal Komunikasi, Vol. 9 No. 2, September 2018. Hlm 161-167. www.ejournal.bsi.ac.id diakses pada tanggal 10 April 2019 pukul 08.30 WIB.

Pratiwi, Ardhina. 2018. Representasi Citra Politik Hary Tanoesoedibjo Studi Semiotika Roland Barthes Dalam Video Mars Partai. Jurnal komunikasi, Vol.11 No. 2, Oktober 2018. www.ejournal.uin-suka.ac.id diakses pada tanggal 11 April 2019 pukul 03.00 WIB.

Putra Nugraha, Rahmadya. 2016. Konstruksi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Lirik Lagu Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Pada Lirik Lagu Bendera. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, Vol.5 No.3, November 2016. Hlm 290-303. www.ejurnal.mercubuana.ac.id diakses pada tanggal 11 April 2019 pukul 12.30 WIB.

Setianingsih, Ida. 2007. Penggambaran Perempuan dalam Lirik Lagu. Skripsi Surabaya: FIA Ilmu Komunikasi UPN Veteran.

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi . Bandung: PT. Rermaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2009. Analisis teks media suatu analisis untuk wacana, analisissemiotika dan analisis framing. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.

Stoner, James A.F, 2010. Manajemen. Jakarta : Airlangga.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujatmiko, Bagus. Ropingi El Ishaq. 2015. Pesan Dakwah Dalam Lagu Bila Tiba. Jurnal Komunikasi, Vol.9 No. 2, Juli- Desember 2018. www.ejurnal.iainpurwokerto.ac.id diakses pada tanggal 12 April 2019 pada pukul 08.45 WIB.

Syafiq Muhammad. 2003. Ensiklopedia Musik Klasik. Yogyakarta: Adicitia Karya Syarif, Ahmad.2013. Konstruksi Modernitas Dalam Album Radiohead Analisis Semiotika Pada Lirik Lagu dan Atwork Album Ok Computer. Jurnal Komunikasi. www.ejournal.unhas.ac.id diakses pada tanggal 26 September 2019 pukul 11.00 WIB.

Vardiansyah Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wali Al Khalidi Muhammad, Hamdani, M. Syam. 2017. Representasi Nilai-Nilai Moral Dalam Lirik Lagu Doda Idi Studi Semiotik Terhadap Lirik Lagu Doda Idi Dalam Album Nyawoung. JIM FISIP Unsyiah, Vol.3 No. 4, November 2017. Hlm 417-428. www.ejurnal.jim.unsyiah.ac.id diakses pada tanggal 13 April 2019 pukul 10.35 WIB.

Winduwati, Septia. 2017. Representasi Seks Bebas pada Lirik Lagu Dangdut Analisis Semiotika Saussure Pada Lirik Lagu Cinta Satu Malam. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni Vol. 1, No. 2, Oktober 2017. Hlm. 346-349. FIKOM UNTAR. www.ejournal.untar.ac.id Diakses pada tanggal 9 April 2019 pukul 14.56 WIB.

Youtube : https://m.youtube.com/watch?v=71j2-HuurEY

Published

2019-12-17

Issue

Section

Artikel